Minggu, 02 Desember 2012

Kebiasaan Bangun Pagi,Meraih Berkah



Bagi umat muslim bangun pagi adalah suatu keharusan,karena di antara terbit fajar sampai terbit Matahari ada waktu Shalat fardlu Subuh yang harus ditunaikan.Bangun dengan segera sejak dinihari atau saat Fajur insya Allah akan banyak mendapat keberkahan,karena saat Pagi ini pernah didoakan Rasulullah SAW dalam sebuah riwayat hadistnya,yang menyatakan Rasulullah mendoakan saat pagi dengans segala kebaikannya.

Menurut ilmu kesehatan dan kenyataan,bahwa waktu pagi hari udara yang kita hirup masih mengandung oksigen yang baik,bersih dan belum terlalu rusak oleh polusi ataupun oleh pancaran sinar Matahari seperti halnya di waktu siang.

Bangun pagi dengan udaranya yang masih segar bisa menstimulasi tubuh dan jiwa kita menjadi siap,tidak terburu-buru,dan lebih matang untuk melangkah menapaki kehidupan di waktu siang.Secara mental dan fisik diri kita lebih siap untuk menghadapi dan menjalani aktivitas berikutnya.

Orang tua dahulu dan orang-orang yang biasa bangun pagi,kenyataan membuktikan.Terbukti mereka kualitas kesehatan jasamani dan rokhaninya lebih baik dari orang yang suka begadang.Lebih produktif,lebih sehat,lebih giat,lebih sigap,lebih segar dan cenderung berumur panjang.

Orang-orang yang sukses juga pada umumnya mempunyai kebiasaan bangun tidur lebih cepat dari orang biasa.Sehingga strategi aktivitas bisnis dan usahanya tidak ketinggalan oleh orang lain.Orang yang biasa begadang lalu tidur sepanjang pagi hari dan bangun siang,bisa disebut pemalas.Kecuali begadang dengan alasan tertentu,bukan begadang kebiasaan.Dan biasanya pemalas macam begini banyak penyakitnya,tidak berhasil serta gampang sakit jiwa atau terkena stress.

Untuk bisa bangun pagi saat fajar waktu subuh atau bisa bangun sejak dinihari,tentu saja harus diawali dengan kebiasaan di hulunya dahulu.Yaitu biasakan tidur lebih cepat di malam hari,paling tidak jam 10.00 malam tubuh kita sudah harus berangkat tidur.

Dan menurut ilmu pengetahuan apapun,pasti setuju,tubuh dan jiwa yang cukup tidur,cukup istirahat seimbang dengan gerak aktivitasnya di siang hari,dipastikan akan mendapatkan kualitas hidup yang lebih baik.

Rasulullah SAW dalam sebuah riwayat hadist pernah berkata,yang intisarinya sebagai berikut:.....masing-masing saat dan tubuh itu ada haknya,kapan waktu beribadah,kapan waktu untuk usaha mencari nafkah,kapan waktu untuk kepentingan umum dan seterusnya...".Intinya letakkan waktu,tubuh dan saat yang kita miliki pada haknya.

Kurang baik jika waktu untuk Istirahat malah begadang yang tidak terlalu perlu,bahkan begadang atau terus-terusan ritual  ibadahpun kurang baik jika dilakukan tidak pada waktu dan tempat yang tepat.Misalnya ritual yang menghabiskan waktu untuk masa istirahat atau waktu bekerja mencari nafkah.

Di antaranya adalah berangkat tidur lebih cepat saat malam hari,agar tubuh dan jiwa beristirahat,lalu dinihari nanti bisa bangun lebih awal,bisa sembahyang Subuh dengan tertib,dan menjadikan mental serta fisik kita siap di pagi hari untuk beraktivitas,bekerja ataupun beribadah dan kegiatan lainnya dengan tubuh dan jiwa yang segar.

Selamat bangun pagi teman dan sahabat pembaca.Salam semangat.

0 comments: