Senin, 12 Agustus 2013

Wisata Cianjur Selatan: Pom Bensin dan Tambal Ban (3)

Menelusuri wilayah indah Cianjur selatan dengan kendaraan bermotor,hati-hati dengan persediaan bensin kendaraan kita.Kalau masuk dari jalur kota Cianjur,akan bertemu Pom Bensin resmi Pertamina pertama di Kota Cibeber,Kota Sukanagara dan terakhir Pom Bensin Pagelaran sekitar 50 km dari kota Cianjur.

Saya sarankan Anda mengisi bensin terakhir full tang di Pagelaran ini,sebab jalur sesudahnya tidak akan ada lagi pom bensin resmi Pertamina.Bensin eceran memang tersebar di berbagai tempat,namun jikalau malam hari perjalanan,maka kios yang buka 24 jam masih sangat jarang.Tetapi jikalau darurat biasanya kios-kios warga sepanjang Tanggeung sampai Cidaun masih bsa diketok permisi ke pedagangnya,tentu saja dengan sopan mengetuknya.

Kios jasa bengkel dan tambal ban juga ada di beberapa titik buka 24 jam,namun sangat jarang.Lebih baik persiapkan mobil dan motor Anda periksa kondisinya sejak waktu siang hari.Karena sebagian besar jalur ke selatan akan melintasi daerah-daerah hutan rakyat dan jarang rumah penduduk.

Bawa persediaan ban serep yang baik dan bagus,senantiasa ban cadangan dalam keadaan baik,menjaga misalnya terjadi kempes ban di tengah malam,supaya kita masih bisa melanjutkan perjalanan hingga ke perumahan penduduk.

Jika terjadi ban kempes pada sepeda motor di malam hari,dan terjadi di tengah hutan,saya sarankan Anda terus menjalankan motor hingga ke rumah penduduk terdekat.Biarkan saja ban dalam motor Anda rusak,lalu diganti membeli yang baru,jangan ditambal! Karena faktor keamanan,jangan diam sendirian atau berdua di tengan jalan waktu malam.Bawa lampu senter selalu di ransel atau tas sebelumnya,itu adalah lebih baik.

Tingkat keamanan daerah Cianjur selatan,termasuk kondusif,walaupun pernah atau sukan terjadi tindak kejahatan perampokan atau perampasan motor,tetapi angkanya tidak begitu tinggi.Asalkan Anda tetap berhati-hati dan tetap waspada lebih baik berombongan antara 4 atau 5 orang.Terutama khusus untuk perjalanan malam.

Kalau saat ini arus lalu lintas lumayan sudah agak ramai sepanjang malam,jadi tidak terlalu sepi meskipun perjalanan dilakukan hingga malam hari.Anda bisa mencegat truk-truk atau mobil yang melintas jika keadaan darurat atau berbahaya.

(...bersambung ke wisataCianjur Selatan bagian 4...).


0 comments: