Sabtu, 10 Agustus 2013

Destinasi Wisata Cianjur Selatan,Jawa Barat (Bag.1)

Secara kelas internasional mungkin daerah dan titik tujuan wisata di Cianjur Selatan belum ada yang ngetop,bahkan belum banyak biro perjalanan yang memasukan agenda wisata turis mancanegara ke dalam paket perjalanannya.

Padahal potensi (sekali lagi,buat pemda di sana,mau berapa tahun lagi,terus hanya sebagai potensi..?),wisata di sana sangat menjanjikan,menyajikan keindahan alam,budaya yang khas parahyangan,tergolong masih asri,asli dan perawan.

Ke Cianjur Selatan kalau dari Cianjur kota bisa masuk lewat pertigaan Terminal Jebrod,masuk ke arah Cibeber sebagai daerah pintu masuk ke kawasan Indah Cianjur Selatan.

Setelah melewati kecamatan Cibeber,nanti akan masuk ke daerah Campaka,sejak dari Campaka inilah kita akan disuguhi pemandangan alam yang indah dan unik.Berjalan di tepi jurang dan bukit,hendaknya mengemudi kendaraan berhati-hatilah jangan terlalu kencang,jalankan kendaraan Anda tidak lebih dari kecepatan 60km/jam.Karena lebar jalan di sana masih belum besar serta kadang-kadang di kanan kirinya tak ada bahu jalan.Jadi ketika terjadi out dari aspal jalan raya,kemungkinan terperosok ke parit atau tebing bisa terjadi,maka itu berhati-hati dan tidak ngebut.

Masalah jalan atau infrastruktur inilah yang menghambat perkembangan pembangunan fisik di daerah Cianjur Selatan,termasuk sektor pariwisata.Banyak terjadi longsor ataupun tanah anjlok sepanjang jalan,terlalu banyak tikungan dan jalan berlubang,serta naik turun karena kontur tanah di sana berbukit-bukit dan kadang jalan raya seperti menempel di tebing curamnya dinding batu cadas di beberapa area jalan ke sana.

Hamparan perkebunan Teh Panyairan sepanjang Campaka-Sukanagara,Anda bisa masuk ke areal perkebunan dan menikmati pemandangan alam nan sejuk,dingin,indah dan khas agrowisata.Selepas dari sana Anda bisa beristirahat di kota Sukanagara.

Di Sukanagara ada penginapan dan rumah makan.Rumah makan sekelas restauran dan penginapan hotel sih belum ada,tetapi lumayan bisa membuat perjalanan berkesan karena di sini kita akan mendapatkan suasana ramah tamahnya warga setempat.Berbagai kuliner khas Pasundan bisa anda dapatkan,terutama di sekitar daerah Kaum dan Pasar Induk Sukangara.

Dari Sukanagara,Anda bisa memilih mau masuk jalur Kadupandak atau lewat Pagelaran? Semua sama saja nanti berakhirnya di Pantai Selatan.Tepatnya bisa masuk ke kota kecamatan Sindang Barang,kota yang tepat di bibir pantai Samudera Indonesia.

Wisata ke bagian selatan Cianjur ini lebih cocok bagi yang punya jiwa petualang,karena perjalanan selanjutnya akan banyak hal-hal mengasyikan sekaligus menantang.

Ulasan mengenai kapan dan dimana Anda harus mengisi bensin penuh,lalu bagaimana jika ban Anda kempes di jalanan,bersambung ke tulisan berikutnya ya gan....!

Bersambung ke ulasan sederhana  Pesona Wisata Cianjur selatan dan Petualangannya bagian ke-2 nanti.

0 comments: