Minggu, 18 Agustus 2013

Setiap "Produk",Pasti Ada Segmen Pasarnya

Segmen pasar sebuah produk atau hasil karya dalam berbagai macam jenis dan bentuk,pasti akan selalu ada.Misalnya penggemar suara Anda bagi seorang penyanyi,pembeli produk barang buatan pabrik,penyuka tulisan di blog atau website,penggemar produk makanan Anda,penggemar dan pembaca buku karya Anda,penikmat dan pengamal teori dan presentasi motivasi Anda dan berbagai 'produk' barang atau jasa lainnya.Yakinlah bahwa segmennya pasti ada!Sesuai dengan produknya masing-masing.

Dalam lingkup kecil dan sempit misalnya,seseorang yang memproduksi makanan Bakwan atau Pisang Goreng,lalu dengan ulet dan rajin serta terus memproduksi dengan memperbaiki segala cara dan teknik serta meningkatkan kualitasnya,maka sudah pasti akan ada pembelinya.Akan ada segmen pasar terbentuk sesuai kelasnya.Yang jelas pasti akan ada yang menyukai dan membelinya.

Sebuah karya tulis,karya seni,atau karya apa saja sudah pasti akan ada penggemar dan 'pasarnya' masing-masing.Akan ada segmennya tersendiri.

Termasuk kegiatan ngeblog,saya sendiri dahulu pertama kali membuka blog ini adalah semata-mata hanya iseng saja,tujuan awal buka blog di blogspot.com pertama kali adalah untuk melampiaskan saja suka curat-coret yang sejak saya sibuk mencari nafkah tidak tersalurkan.

Pertama kali membuka blog ini,tidak ada yang mengunjungi blog ini sampai 10 atau 20 kunjungan per harinya,karena postingan saya masih sedikit dan memang baru sangat pemula sekali saya menulis di blog.Lalu seiring itu,saya tetap saja menulis,walau tulisannya belepotan,mungkin sangat buruk sekali kualitasnya,tidak menarik apalagi bagus,saya tidak berpikir sampai ke sana waktu itu.Sebagai pemula,saya postingkan saja apapun yang ada di kepala ini,dituangkan dalam tuts keyboard komputer dan langsung dipublikasikan.

Akhirnya karena banyak kata-kata yang masuk dan postingan semakin banyak,maka mungkin mulai terlacak oleh mesin pencari.Setelah itu ada 10 sampai 20 hit di statistik kunjungan yang membaca atau sekedar mengklik postingan di blog ini.

Dan saya terus saja 'berproduksi' membuat produk (tulisan,postingan,konten) apapun.Padahal waktu itu belum menemukan bentuk apa yang akan saya usung  untuk membuat thema blog ini.Saya posting saja,tidak terlalu berpikir apakah akan dibaca orang atau tidak.

Karena produk (konten) semakin banyak menurut ukuran saya yang bukan penulis,dengan diabaikan apakah berkualitas atau tidak,saya terus saja berproduksi,memposting tulisan.

Beberapa tahun kemudian,(ada proses di sini),Alhamdulillah,angka kunjungan ke blog ini berlipat berpuluh kali lipat dari sejak pertama kali dibuat.Sampai sekarang sudah ada sekitar 500-600 kunjungan (klik,hit) per hari,berdasarkan angka statistik blog di dashboard kami.

Artinya segmennya blog ini walau isinya menurut saya masih kurang berkualitas ternyata ada yang dengan setia selalu membaca dan membuka lamannya.Bahkan beberapa hari ini saya mendapat banyak email yang mengabarkan kunjungan perdananya mereka ke sini.(Untuk ini saya haturkan terima kasih banyak buat teman pembaca semua).

***
Mohon maaf ini berbagi info untuk para pemula saja,bukan mau menggurui Anda yang sudah lebih tahu,saya hanya berbagi saja,atau hanya menyegarkan kembali kebenaran tentang teori bahwa "tak usah ragu dan takut produk kita tak akan laku,jikalau sudah ada produknya'.

Makna pernyataan di atas bisa untuk semua bidang,apakah itu produksi untuk sebuah kegiatan usaha dagang,membuat konten dan ngeblog atau apapun.Menegaskan bahwa ayo semangat saja kta berproduksi apapun (yang baik-baik tentu saja),toh pasarnya nanti akan ada segmennya tersendiri bagi produk atau hasil yang kita buat atau kerjakan.

Setelah produk kita ada segmen pasarnya,lalu tugas selanjutnya adalah tinggal mencari ilmu tambahan lainya,agar bagaimana kita semua bisa mengembangkannya.Tentu saja ilmu mengembangkan dan bagaimana mengelola segmen itu agar menjadi besar dan saling memberi manfaat atau saling menguntungkan.Beberapa rekan pembaca pasti sudah menguasai ilmunya,atau bagi pemula bisa menemukan berbagai ilmu selanjutnya dari berbagai sumber yang lain.

Jadi,mari kita produktiflah dahulu,lalu nanti akan muncul dan hadir segmen pasar produk kita dengan sendirinya.Yaiyalah,setelah berproses tentu saja..!

Salam semangat,salam sukses.

0 comments: