Rabu, 21 September 2022

Mata Merah Loyo,Tidurlah yang Cukup

Bagi saya tidur yang cukup sehari semalam adalah 8 jam,saya penganut faham delapan jam sehari jangan kurang,tidur sekitar jam 21.00 dan bangun pukul 04 atau 05.00 waktu subuh,itu pola tidur yang terbukti menyehatkan jiwa raga kita.


Menurut ilmu kesehatan ketika tidur hampir semua fungsi organ tubuh beristirahat kecuali jantung yang tetap bekerja namun "santai",selain jantung hampir semua organ dan fungsinya rehat atau istirahat.

Pada saat tidur,masih menurut ahli kesehatan,sel-sel tubuh yang lemah diperkuat,sel yang rusak diperbaharui,jiwa dan raga "didinginkan" disegarkan kembali.

Contoh paling terlihat adalah kualitas kejernihan mata Anda,jika kurang tidur selain loyo dan kusam,mata kita jadi merah dan kurang segar.

Bukan mata saja secara keseluruhan performa Anda akan terganggu,keseimbangan dan kerja otak cenderung lemot,kulit kusam dan tidak enak dipandang mata,penampilan Anda tidak prima,wibawa berkurang karena sering nguap dan tidak bisa konsentrasi.

Pikiran dan hati lelah bisa dilihat dari bahasa dan gestur tubuh yang limbung,loyo,tak bergairah dan aura meredup.

Masih tak percaya ? Coba tanyakan pada kawan dekatmu ketika kondisi Anda kurang tidur beberapa hari ini.

Faktor usia bisa saja berbeda akibat kurang tidur,kalau yang masih muda mungkin agak mendingan stamina tidak se-ngedrop yang sudah tua.Tetapi tetap pucat dan tidak segar akan tetap tampak walau Anda masih muda.

Mata bening dengan bola hitam atau biru,coklat bening indah dipandang hanya jika pola tidur kita cukup.

Tapi jangan tidur berlebihan juga,termasuk waktu jadwal alami jangan dibuat kacau.Tidur cukup 8 jam di waktu malam,mulai jam 21.00 bangun subuh,tetap itu jadwal terbaik untuk tidur dan menunjang kesehatanmu.Jika ada waktu luangkan 10 atau 20 menit untuk tidur siang selepas jam 12.00 siang hari.

Setidaknya itu pengalaman pribadi saya,yang kata orang dekat saya,tentu yang pro saya,....hehe...kata mereka yang suka saya...walau usia 50 tahun tapi saya masih kelihatan seperti anak muda 25....eh...45 tahun umurnya.....hehe...bercanda,gan..!Alhamdulillah saya diberi kesehatan oleh Tuhan,mungkin karena saya penganut tidur cepat bangun cepat beberapa tahun belakangan ini.

Tidur dan makan teratur،jalani syukuri hidup ini,Insya Alloh ternikmati perjalanan hidup ini.
Salam bahagia.

0 comments: