Rabu, 20 Juni 2012

Buka Usaha Baru ? Jangan Lupa Faktor Keamanan


Situasi dan kondisi keamanan secara umum di tanah air memang termasuk aman terkendali,paling tidak itu menurut laporan asal bapak senang di pihak para pengelola keamanan di negeri kita,namun jikalau melihat secara nyata dalam kehidupan sehari-hari yang sesungguhnya,keamanan lingkungan belum sepenuhnya "aman dan tenteram",terutama untuk para pelaku usaha kecil.

Sebut saja misalnya,bila kita akan bergerak di bidang peternakan ayam,domba,kambing atau kerbau atau apa saja,termasuk perikanan,jangan salah jika tantangan keamanan adalah termasuk hal yang penting untuk dimasukkan dalam perhitungan resiko usaha kita.

Lihat dan banyak telah kita saksikan atau dengar dan baca tentang bagaimana seorang peternak sapi kehilangan puluhan ekor sapinya hanya dalam waktu satu malam,atau pengusaha ikan kehilangan ikannya berkwintal-kwintal hanya dalam satu malam,atau pengusaha pabrik sendal yang dibobol maling setiap sebulan sekali,atau pengusaha grosir dan toko yang dirampok dibangsat barang dan uangnya dari toko dan gudang barangnya.

Pengusaha yang modalnya pas-pasan atau yang sedang merangkak maju bahkan yang sudah bermodal banyak pun,jika barang dan hartanya digondol maling,maka dalam sekejap harta dan modalnya berkurang hancur dan musnah sama saja dengan menderita kerugian sebagaimana rugi bisnis.

Dan itu semua menghambat proses sukses dan keberhasilan pengusaha kecil,beberapa di antaranya malah sampai buntu dan bangkrut karena modal dan harta dagang yang hanya baru punya segitu,habis digondol maling.

Satu faktor ini saja,keamanan lingkungan yang sebenarnya harus menjadi perhatian pemerintah secara umum,dan wajib masuk hitungan kita sebagai calon atau sebagai wirausahawan kecil misalnya.

Keamanan lingkungan,hal pertama yang harus diperhatikan dalam lingkup kecil kampung tempat domisili gudang atau pabrik atau kantor dan  tempat usaha kita,kedua perekrutan pegawai yang harus teliti sebelum mempekerjakan mereka dalam seleksi  penerimaan di awalnya,bila masih skala kecil rekruitlah pegawai yang sudah dikenal oleh kita.

Wah kalau dipikir mendalam sangat ribet memang tentang keamanan lingkungan lokasi usaha ini,meskipun tidak terlalu parah tetapi tetap kita harus selalau waspada,kejahatan bisa terjadi di manapun dan kapanpun  termasuk di lokasi usaha kita.

Banyak cara untuk mengantisipasinya,misalnya dengan cara pendekatan ke masyarakat sekitar tempat kantor kita,atau tenpat usaha kita,bersikap baik-baik dan simpatiklah kepada para pemuda dan organisasi pemuda setempat,bahkan jika perlu kenal baiklah dengan "mafia terselubung preman kampung" setempat.

Program-kanlah dengan baik upaya pendekatan ini dalam rencana dan program anggaran usaha kita,karena biasanya mereka bisa membantu jika ada bantuan materi kita ke mereka baik secara pribadi amupun secara untuk kepentingan lingkungannya.

Mafia terselubung preman kampung,memang fenomena yang seolah kita malu mengakui keberadaannya tetapi mereka itu ada,dan dalam kondisi-kondisi tertentu mereka bisa memberi efek aman terhadap lokasi usaha kita,ini memerlukan kepiawaian personal yang baik supaya bisa memanfaatkan "power' mereka untuk keamanan lokasi usaha kita.

Cerdas-cerdaslah dalam mengambil simpati masyarakat setempat sesuai dengan gaya pendekatan kita masing-masing,namun percaya atau tidak sehebat apapun ilmu ekonomi dan bisnis anda,jika melalaikan faktor keamanan lokasi usaha anda,suatu waktu kemungkinan anda akan merugi tanpa diduga dan tidak bisa dikendalikan dengan ilmu bisnis akademis anda di atas kertas.

Keamanan lokasi usaha,memerlukan kepiawaian dan keahlian pendekatan tertentu terhadap komunitas dan masyarakat serta kelompok-kelompok tertentu di wilayah lokasi usaha kita.

Mau tidak mau,sadar atau tidak sadar,secara langsung ataupun tidak langsung ,bila lokasi perusahaan anda mau aman bila berusaha di Indonesia,anda jangan hanya mengandalkan tenaga security, satpam dan patroli polisi saja,tetapi coba lakukan juga pendekatan -pendekatan tertentu ke masyarakat dan para pemuda di lingkungan termaksud,bahkan bila perlu harus cari tahu,para "preman" nya setempat.

Percaya atau tidak,kenyataanlah yang akan membuktikan,tetapi tidak ada salahnya kita waspada sebelum lokasi usaha dan barang atau perangkat serta harta kita digasak habis oleh maling-maling terorganisir yang bisa membangkrutkan anda dalam semalam saja.

Selamat sore,teman salam semangat berbagi.

0 comments: