Rabu, 13 Juni 2012

Nge-Blog : Konten Nomor Wahid,Template Nomor Satu

Oleh : Aang Wierodjampang

Satu dan wahid itu-itu juga ya gan,artinya konten dan template sama pentingnya,konten yang isinya  menjadi nyawa bagi sebuah blog,sedangkan template tempat nyawa itu bersemayam, jadi sama penting semuanya.

Namun ada yang beda,kalau kita sering merubah (mengedit) konten dan sering membuat postingan baru, itu akan berpengaruh lebih baik bagi kualitas isi blog dan akan semakin akrab di mesin pencarian,tetapi kalau sering membuat dan merubah template baru, wah itu kurang baik dan berbahaya gan.!

Berbahayanya..?

Konon kata para teman blogger senior yang ngerti dunia per-ngebloggan,disebut-sebut jika terlalu sering merubah template sebuah blog,berbahaya bagi mesin pencari.maksudnya bagi proses pencarian.

Karena sering berubah dan dibuatkan template baru ,mesin pencari menjadi bosan dan kesel...sorry,serius nih,mesin pencari menjadi bingung lagi mengenal blog kita.

Hasilnya ya jadi lambat lagi deh blog kita ditelusuri oleh sang mesin,mesin pencari yang sudah kenal betul dengan template lama anda, akan menjadi asing dan kesusahan melacak blog anda  lagi dengan template baru atau selalu gonta ganti terus..(hehe penulis ngaku deh  dulu sering banget ngutak-ngatik template).

Masih kata teman blogger yang lain,katanya membuat template dan membuat blog itu gampang,tetapi mengelola dan mengurus serta selalau meng-up date konten-lah yang memerlukan keseriusan dan kerajinan.Semakin banyak konten yang di posting maka akan semakin membantu mesin penelusuran menemukan alamat web site atau blog kita.

Semakin banyak postingan semakin besar peluang terlacak di mesin pencari,dengan catatan tubuhnya berbentuk template jangan ganti-gonta terus.

Tentu saja dengan banyak alasan lain lagi selain masalah konten dan template ini,yang menyebabkan mesin pencari akrab dengan alamat maya kita atau sebaliknya mesin pencari sama sekali tidak mengenalnya.Bisa pembaca cari tahu di artikel-artikel tutorial blog di blog teman lainnya yang memang sudah pakar dalam hal ini.

Saya salut kepada teman blogger yang sudah ikhlas berbagi ilmunya di internet menulis tentang segala ilmu pengetahuan yang mereka miliki.

Wah saya sendiri jadi berpikir lagi nih mau ganti template hehe..,takut mesin pencarian menjadi tidak kenal lagi dengan blog kita.

Semoga bermanfaat gan,dan kepada teman yang telah memberitahukan tentang ini di blognya ataupun di obrolan kami saya haturkan terima kasih.

Salam blogger.

2 comments:

betul mas, saya setuju..
konten adalah raja!!

Template mungkin permaisurinya,hehe..

Mas Rudi selamat pagi mas,

salam sejahtera selalu.
makasih mas mampirnya,semoga sae sadayana di Bandung.

Salam selamat berkarya Kang Rudi.