Selasa, 26 Juni 2012

Beternak Domba hati-hati Ada Penyakit PPR

Telah terjadi epidemi terhadap ternak kambing dan domba di Kongo,mengakibatkan kira-kira 75 ribu ekor domba mati,demikian tulis kompas.com mengutip laporan PAO (organisasi Pangan dan Pertanian ).

PPR (peste de petit ruminants) menyerang sejumlah ternak domba dan kambing menyerupai penyakit campak atau cacar pada manusia,serangannya bisa mematikan dengan segera ternak terjangkit.

Ternyata selama ini saya yang menganggap jenis ternak Domba dan kambing adalah jenis ternak yang "aman' dari resiko penyakit epidemi lebih baik dari ayam,akhirnya ada juga penyakit yang harus diwaspadai oleh para peternak domba atau kambing.

Cara pemeliharaan yang baik dan sehatlah salah satu cara menangkal resiko terserang wabah macam begini,wabah berbentuk virus sangat berbahaya dan bisa dengan cepat menular.

Selain dengan cara memberi vaksin anti penyakit tersebut juga yang terbaik adalah menjaga kebersihan ternak dan lingkungannya,terutama kebersihan sekitar kandang dan daerah asal bibit dombanya.

Saya melihat dan membaca di sebuah peternakan yang sudah bagus di sebuah daerah di Jawa Barat,mereka selalu menseterilkan dulu setiap domba yang mau masuk ke komplek peternakannya dengan memandikan,mencukur bulunya,memotong kuku dan mencekokinya dengan obat cacing serta memebersihakn semua kotoran bawaan.

Kebersihan dan pengetahuan serta gaya hidup sehat memang diperlukan dalam setiap gerak kehidupan kita,termasuk pada kualitas kesehatan diri manusia atau kita semua.

Dari : berbagai sumber dan kompas.com

0 comments: