Kamis, 21 Juni 2012

Liburan Musim Panas Menjelang Ramadhan,Riyadh Sepi

Arus kendaraan di sejumlah ruas jalur lantas di Riyadh belakangan ini Juni 2012,sudah tidak sepadat seperti bulan-bulan ketika sekolah-sekolah masih belum libur,sekolah dari TK s.d SLTA pada umumnya bulan ini sudah libur panjang sampai pertengahan bulan syawal nanti.

Seperti pantauan penulis di sejumlah ruas jalan utama,terutama ruas jalan dairi atau jalan lingkar yang merupakan jalur utama lantas di Riyadh,Saudi Arabia.Saat ini jalanan cenderung sepi dan lenggang,kecuali pada ruas-ruas dan waktu tertentu saja.

Sepinya jalur lantas selain sudah mulai banyak penduduk Riyadh pergi mudik atau berlibur ke luar kota,juga karena suhu di siang hari bisa mencapai 45 derajat Celsius,panas sungguh menyengat terutama di tengah hari,bayangkan kita menyentuh mobil yang di parkir di luar sejak pagi misalnya,ketika disentuh seperti menyentuh setrikaan saja.

Jadi di siang hari hampir semua penduduk lebih memilih diam di dalam ruangannya masing-masing dan baru keluar nanti selepas asyar sampai menjelang saat shalat fajur atau waktu subuh.Pola hidup pada umumnya demikian yang akan terus berlangsung selama masa liburan musim panas hingga menjelang masuk awal musim dingin nanti.

Arus lantas di sejumlah jalur di Riyadh sudah mulai tidak padat,karena musim liburan sekolah dan musim panas
sudah mulai menyengat di siang hari.
(foto : koleksi Bernada)

Beberapa bulan yang lalu shaf di mesjid ini jika tiba waktu shlalat ,banyak sekali rekan TKI yang berbaris di shaf-shaf shalat berjamaah,namun bulan menjelang syaban dan ramadhan ditambah liburan panjang,banyak TKI yang cuti ke tanah air,sehingga saat ini jarang bertemu TKI di mesjid-mesjid kota Riyadh,20 June 2012.


Geliat dini hari menjelang pagi,para pegawai restauran mulai sibuk sampai menjelang subuh.

Rumah-rumah makan sudah mulai buka sampai dini hari yang akan terus demikian buka sampai jam 3 subuh hingga
memasuki bulan Ramadhan,dan musim libur sekolah selesai sekitar bulan Syawal nanti.
(Foto-foto koleksi : Bernada ,www.nuranibernada.blogspot.com)

0 comments: