Selasa, 19 Juni 2012

"Ceruk" Segmen Pembaca atau Pengunjung Blog

Hari ini saya membaca sebuah artikel Kang Pepih,(Pepih Nugraha,wartawan kompas) di profil Kompasiana-nya.Menarik tentang Segmented Writing,meskipun istilah ini menurut tulisan beliau di sana,hanya istilah bikinan Kang Pepih saja untuk sekedar menegaskan tentang maksud Ceruk atau target pembaca yang sangat tipis,kecil tetapi dipastikan akan selalu ada segmen ini,biasanya pembaca setia atau langganan.

***
Lalu hubungannya dengan kegiatan nge-blog seperti ini,sayapun merasa seperti ada semangat baru lagi setelah menyimak tulisan itu,yaitu sesepi apapun lapak blog kita,saya tetap semangat bahwa akan ada selalu pembaca yang setia untuk selalu rindu pada "ceruk' lapak blog ini,karena "chemistry' sudah cocok hehe,ini istilah saya saja.

Bisa diibaratkan dengan sebuah lapak warung di kenyataan,ibarat sebuah toko yang buka di tengah padang pasir jauh dari kerumunan dan keramaian tetapi sangat pasti terutama jika konten yang ada di toko tersebut penting dan perlu atau paling tidak konten dan barang-barang di toko itu "mengasyikkan,menghadirkan dunia atau pencerahan dan inspirasi baru" harapan besar pasti akan selalu ada pembeli setia yang akan selalu berkunjung,apalagi misalnya sudah kenal secara pribadi ke pemilik lapak itu.

Atau mungkin bisa saja ada banyak pengunjung yang tersesat setelah jalan-jalan kesana-kemari dan menemukan lapak (blog) kita tidak sengaja,lalu semoga menjadi kecanduan dan ketagihan untuk selalu datang lagi ke lapak kita.

Meskipun seperti di sebuah komentar teman saya tentang tujuan blogging,menulis di blog ada yang berpendapat tujuan utama bukan untuk meraih pembaca sebanyak-banyaknya,tetapi tetap menurut saya akan ada kebanggan dan kepuasan tersendiri jika lapak kita di apresiasi orang lain,atau minimal di tengok orang lain,pembaca.

***

Kembali lagi ke tentang segmen pembaca,terutama di blog macam blog sederhana seperti Bernada ini,terusterang saja,sebagai pemilik blog saya secara pribadi bukan siapa-siapa,bukan pejabat teras,bukan selebritis,bukan artis,bukan pula sebagai orang yang mempunyai mahasiswa atau pelajar,atau orang partay yang mempunyai simpatisan,atau orang yang diidolakan banyak fans dan masa, misalnya yang bisa "secara langsung atau tidak langsung" hehe... bisa digiring untuk menengok blog kita.

Secara pribadi saya hanya orang yang suka menulis catatan ringan saja,dan berada nun jauh di negeri sahara,dengan kehidupan yang serba tertutup dan terbatas interaksi sosialnya.Secara logika saya tidak mungkin akan mendapatkan pembaca yang akan selalu berkunjung ke alamat nuranibernada.blogspot.com milik saya.

Banyak kekurangan dan keterbatasan saya dalam hal untuk memperkenalkan blog pribadi ini,secara nyata di komunitas kenyataan.

Kebanyakan pengunjung blog ini ,mungkin juga sama dengan anda yang sedang mampir sekarang..?,saya kenal dari dunia internet secara virtual saja.

Terus materi dan konten yang disebut-sebut sebagai raja dalam dunia persitusan di website,saya bukan ahli dan pakar apapun jadi secara ke-pakaran,isi dan konten blog ini tidak akan menarik siapapun,hanya kumpulan catatan ringan pengalaman dan opini ringan sehari-hari saja yang saya tulis.

Namun sesuai dengan judul ini,secara tulisan kang Pepih,ada yang dimaksud dengan "segmen ceruk" tadi,yang walaupun sedikit tetapi akan selalu ada yang tertarik untuk selalu singgah di blog ini.Syukur dan saya haturkan terima kasih banyak untuk pembaca setia yang selalu mampir di sini.Thank you very much.

Setiap blog menurut saya tidak lebih ibarat masakan yang dikelola oleh setiap pemilik blog yang ibarat Koki-nya,dan setiap masakan lain koki lain rasanya,warna dan template serta bentuk blog bisa saja sama,isi dan konten bisa sama karena hasil copy paste misalnya,tetapi "rasa khas" setiap untaian tulisan pemilik blog akan berbeda dan secara perlahan akan terasa ciri khas dan warna mandiri dari setiap penulis dibalik dapur dashboard sebuah blog miliknya.

Dengan ini saya semangat terus,disamping meskipun meraih pembaca bukan tujuan utama menulis sebagai diri sendiri,tetapi ketika sudah di publish di ranah publik,automatis dong, kehadiran apresiasi dari publik adalah multivitamin yang sangat mujarab dan bergizi untuk selalu semangat terus berkarya,menulis yang semoga ada manfaatnya bagi semua.

***

Setiap blog,akan mempunyai ciri mandiri,rasa dan warna khas sendiri setelah sekian lama pengelola bermain di dalamnya,rasa apapun itu,selera apapun itu jika terus konsisten dan konsekwen di rasa mandiri jati diri penulis sendiri,maka akan terasa dan tercium pula untuk ternikmati oleh publik.

Sehingga tidak sedikit yang tadinya hanya mampir tersesat di browsing,atau sekedar ingin berkunjung balik ke kita setelah kita bertamu di lapaknya,akan selalu rindu datang lagi ke lapak kita,karena memang lapak kita mempunyai ciri mandiri yang tidak bisa ada di blog lain,ciri mandiri yang tidak bisa dibuat-buat dengan copy paste karya orang lain,atau meniru karya orang lain,tetapi rasa mandiri blog kita timbul dari karunia Illahi kepada diri si pengelola blog itu secara dengan keunikannya masing-masing.
\
Apapun bentuk blog kita,pasti akan selalu ada pembaca yang selalu kangen untuk mampir,walau sedikit,setidaknya akan ada yang tersesat yang mampir dan jadi kerasan ketagihan mampir lagi di lapak kita,walau lapak kita nun jauh di sana di sebuah tempat yang masih jauh dari keramaian dan keurumunan.

Salam semangat menulis,dan semoga makin bermanfaat karya kita,paling tidak bermanfaat bagi diri sendiri itu sudah oke gan..

"Ceruk" segmen pembaca blog kita percayalah akan selalu ada,apapun warna dan isi konten blog itu.Salam berbagi.

sumber inspirasi

(Riyadh,AWD)

1 comments:

Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.

Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)