Kamis, 05 Desember 2013

Rehat Setiap 3 Jam Sekali,Memacu Bekerja Lebih Produktif

Kemampuan fisik dan mental manusia meskipun dahsyat tetapi tetap saja ada batasnya.Dalam aktivitas sehari-hari pergerakan badan,proses berpikir dan sebagainya pasti suatu saat akan sampai kepada titik yang disebut 'lelah',atau kelelahan,cape!

Jika sekali atau dua kali kelelahan dan dipaksakan tidak akan terlalu berpengaruh kepada hal yang lainya.Namun jika 'kelelahan' sudah berlanjut menjadi hal rutin dan dipaksakan terus menerus dalam rentang waktu yang panjang,ini sangat berbahaya bagi keselamatan.Baik makna keselamatan secara tersirat maupun keselamatan secara harfiah.

Ketika mengemudi kendaraan bermotor,mengoperasikan mesin-mesin,bekerja di depan komputer,mengajar,dakwah,olahraga atau bekerja dan berpikir sesuatu,bahkan melakukan ritual ibadah sekalipun jika dilakukan lebih dari 3 jam tanpa henti maka mental dan tubuh akan kelelahan.

Akhirnya tidak jarang yang dalam proses selanjutnya mental dan tubuh mengalami "hang' dan buntu.Bahkan secara mental serangan stress dan otak tegang suka mendera karena lelah.Banyak kasus dimana kecelakaan lalu lintas terjadi hanya karena lelah.atau banyak terjadi seseorang terkena gangguan mental,halusinasi,karena terlalu lama 'semedi' merapal mantra tertentu dengan dipaksakan otak dan tubuh lelah merapal doa lebih dari 3 jam.

Beberapa orang juga mengalami kebuntuan berpikir karena tidak kontrol kepada waktu dan kesehatan fisik demi mengejar target dan kurang istirahat.Dan masih banyak lagi contoh lainnya,semisal para pelukis yang memegang kanvas atau kwas terus menerus lebih dari tiga jam tanpa henti,tidak jarang tangan mereka gemetar dan tak mampu berkonsentrasi lagi kepada pekerjaannya.

Tidak ada salah kita bekerja selama 24 jam sekalipun,namun untuk memperoleh hasil terbaik maka istirahatlah setiap 3 jam sekali.Lalu lanjutkan kembali setelah fisik dan pikiran kita direfresh barang satu atau sampai dua puluh menit,untuk sekedar melepas dan meregangangkan otot serta syaraf-syaraf kita.

Rehat dulu setiap 3 jam sekali dalam beraktivitas atau bekerja,akan lebih produktif di jam-jam selanjutnya aktivitas kita.Daripada dipaksakan bekerja dengan kelelalahan malah akan membuat beberapa otot dan pikiran kita agak rusak karena terlalu diporsir tidak disegarkan,dan hasilnyapun tidak akan lebih produktif dari jika kita setiap 3 jam sekali ada rehatnya.

Tidak jarang jika sudah kelelahan dan dipaksakan berkerja hasil pekerjaan malahan kacau balau dan memerlukan perbaikan yang lebih lama waktunya,bahkan bisa merugikan dan mengancam kesehatan,keselamatan mental dan fisik kita.

Selamat beristirahat dulu agan semua...!



0 comments: