Minggu, 22 Desember 2013

Bergaya Hidup Sehat

Gaya hidup sehat adalah cara terampuh untuk membuat hidup jadi ternikmati dan tentu saja akan bahagia.Kebahagian hidup selama ini terus dicari orang.Banyak faktor dan berbagai kajian tentang kebahagiaan dibahas orang,diseminarkan,diteliti dan diperhatikan banyak pakar tentang kebahagiaan.

Berbagai sudut pandang dan teori bermunculan,ilmu pengetahuan cara mencapai kebahagiaan pun terus berkembang dan semakin maju.Semua ingin membuka kotak pandora tentang 'kebahagiaan".

Untuk mencapai bahagia lahir bathin tentu harus ada ikhtiar,ada usaha,ada gerak dan tingkah,ada niat untuk menggapainya.Tidak ada kebahagiaan hidup yang datang begitu saja menghampiri,baik bahagia lahir maupun bathiniah itu semua harus diperjuangkan.

Berikut saya berbagai pengalaman agar hidup kita 'bahagia".

Salah satu cara agar hidup bisa berbahagia adalah memelihara kesehatan jasmani dan rokhani.Memelihara kesehatan rokhani tentu banyak ilmunya di berbagai kesempatan dan ranah yang lain.

Kali ini saya mau berbagi sedikit tentang salah satu cara berbahagia agar tubuh jasmani sehat dan bugar.Yaitu mari budayakan bergaya hidup sehat setiap saat.

Dimulai dari sendiri,kesehatan tubuh tidak akan lepas dari perihal kebersihan.Kebersihan adalah pangkal kesehatan.

Beberapa orang bisa tubuh jasmaninya cepat rusak dan rapuh karena berbagai serangan dan mengidap bermacam infeksi.Infeksi disebabkan oleh hadir atau masuknya virus,jamur,kotoran,kuman dan sejenisnya ke dalam atau menempel di tubuh badaniah kita.

Contoh paling ringan,jangan sepelekan serangan flu dan filek yang berkepanjangan,atau jangan sepelekan tenggorokan yang terus mengeluarkan lendir dan batuk-batuk.Atau segera atasi dan bersihkan gigi dan geraham Anda ketika terjadi sakit gigi.Atau ketika tangan dan organ bagian luar terjadi luka dan bernanah,atau teradi bisulan yang akhirnya infeksi dan seterusnya.

Infeksi di dalam badan manusia,terbukti sebagai penyebab tertinggi terjadinya kematian atau sakit parah seseorang.Infeksi paru-paru atau TBC dan berbagai infeksi saluran nafas atau infeksi organ dalam adalah pembunuh nomor teratas penyebab kematian orang-orang.

Untuk mengantisipasinya,hindari terjadi berbagai infeksi itu secara dini.Yaitu dengan mencegah masuk atau menempel dan terjadinya penyebab-penyebab infeksi tersebut.

Mulai dari bergaya hidup sehat dan selalu menjaga dengan ketat kebersihan tubuh,kebersihan udara yang dihirup setiap saat,kebersihan lingkungan dan kebersihan makanan atau minuman yang dikonsumsi.

Mulai dari hal terkecil,biasakan selalu mencuci tangan setelah beraktivitas,selalu mencuci pakaian kotor dengan baik dan higienis,selalu mengepel lantai rumah dan kamar setiap hari,selalu membersihkan semua organ tubuh dengan mandi dan cuci muka yang benar dan teratur.

Menjaga kebersihan keluarga,rumah,lingkungan dan tubuh sendiri adalah awal agar hidup kita bisa sehat dan bahagia.

Selain menjaga kebersihan fisik,tubuh,dan lahiriah dengan disiplin tinggi,juga tak kalah penting menata kembali dan terus memperbaiki gaya hidup dan kebiasaan lainnya yang sehat dan baik.

Tidak keterlaluan makanan yang berlemak,tidak terlalu banyak ngopi atau minuman beralkohol,tidak mengkonsumsi narkoba dan obat terlarang,tidak terlalu banyak begadang dan kurang tidur.Atau tinggalkan gaya hidup semrawut dan tidak menentu dalam keseharian.

Itulah hanya berbagi pengalaman salah satu skrup terkecil namun penting tips agar kita hidup berbahagia.Bergaya hidup sehat selalu ,akan menambah poin tersendiri agar usaha meraih dan menggapai hidup bahagia di dunia dan akhirat tercapai.

Bukankah dengan badan sehat dan jiwa yang sehat,potensi dan kemungkinan kita beramal lebih baik dan lebih banyak.Kesempatan untuk bermanfaat bagi alam semesta dan untuk beribadah lebih terbuka luas bagi orang-orang yang tubuh dan jiwanya sehat,dibanding dengan orang yang badannya selalu sakit-sakitan.

Secara lahiriah saja,orang yang sakit-sakitan karena gaya hidupnya tidak sehat,jangankan bisa bermanfaat maksimal bagi orang lain,lah..memikirkan diri pribadi mereka yang sakit saja sudah repot,malahan merepotkan orang lain,bukan?

Mari senantiasa bergaya hidup sehat,lalu berdoa memohon kesehatan selalu kepada Tuhan,dan niatkan sehat kita agar bisa beribadah dan bermanfaat lebih baik dan lebih banyak.

Dengan badan sehat lahir bathin,dengan banyak bermanfaat bagi alam semesta dan sesama,dengan bisa banyak beribadah,dengan bisa banyak berkarya,dengan bisa mandiri dan tidak merepotkan orang lain,dengan bisa membantu banyak orang,maka akan semakin bahagialah hidup kita.Semoga.

Salaman hangat semuanya.

0 comments: