Minggu, 01 Desember 2013

Beri Nutrisi untuk Rambut dengan Minyak Kelapa Buatan Sendiri

Minyak dari buah Kelapa sudah dipercayai oleh banyak orang sejak zaman dahulu,yang berfungsi dan bermanfaat sebagai pemberi nutrisi dan perawatan rambut.

Selain untuk membuat rambut tebal,halus dan hitam alami,khasiat minyak kelapa atau sari santan kelapa bisa membuat akar rambut menjadi kuat,mencegah rontok dan menjadikan kulit kepala menjadi sehat bebas ketombe.

Sudah banyak kemasan pabrik dibuat dan dijual orang.Namun kalau Anda ada waktu dan berminat membuatnya sendiri bisa dilakukan di rumah pada saat libur atau cuti kerja.

1.Membuat minyak (goreng) dari buah Kelapa

Caranya:
Siapkan 2 atau 3 buah kelapa yang sudah matang atau tua.Lalu parut dan peras sehingga jadi santan.Lalu rebus sampai airnya habis dan yang tersisa hanya residu atau 'galendo' dan minyaknya saja.Ciri sudah jadi minyak adalah air rebusan diambil dari wajan dan diangkat dikucurkan oleh sendok terlihat mengucur lambat layaknya minyak dicurahkan menetes lambat atau seperti meleleh.Dan residunya menjadi berwarna kecoklat-coklatan hampir gosong.Itu artinya santan sudah jadi minyak.

Beberapa orang Ampas atau residu-nya bisa dikonsumsi jadi makanan ringan atau dibuat bahan makanan pepesan Galendo.Atau dimakan dengan langsung saja tanpa diolah lagi.

Cara perawatan ke rambut,dijadikan minyak rambut setiap hari.Tetapi memang baunya kalau buatan sendiri tidak seperti wangi cream minyak rambut dari kemasan pabrik.Namun minyak kelapa yang kita buat itu asli tanpa bahan kimia lainnya.

Dan kelemahan minyak kelapa asli buatan kita ini,jangan disimpan terlalu lama karena akan timbul bau apek kalau minyak sudah terlalu lama disimpan atau distock.Saran kami,buatlah minyak kelapa seperluanya saja untuk takaran 1 atau 2 kali pemakaian perawatan dan langsung habis.Lalu membuat yang baru kembali di perawatan rambut berikutnya.Agar rambut tidak bau apek.

2.Perawatan dengan santan atau air kelapa muda.

Santan atau air kelapa muda,dijadikan sebagai shampoo ketika keramas,dan biarkan 10 hingga 20 menit sebelum dibersihkan dengan air bersih pada proses akhir keramasnya.

Untuk hasil yang memuaskan,lakukan perawatan dengan rutin dan rajin dilakukan beberapa bulan.

Selamat memelihara rambut dan mensyukuri nikmat dari Tuhan yang Maha Esa.

*)Galendo adalah berasal dari Bahasa Sunda,yaitu ampas atau residu dari santan yang direbus dalam proses membuat minyak kelapa.




0 comments: