Senin, 16 Desember 2013

Kelelahan Bisa Menyebabkan Kematian

Terlalu lelah bekerja,mengkonsumsi makanan atau minuman yang beresiko,atau sebaliknya menahan lapar saking sibuknya bekerja atau lembur jadi sampai lupa sarapan,makan,minum dan lupa istirahat ? Waduh,jangan sampai demikian terjadi pada kita,sahabat pembaca!

Beberapa berita pernah kita baca dan dengar,sudah banyak korban berjatuhan hanya gara-gara terlalu gila kerja dan mengabaikan kesehatan tubuhnya.Dikejar target bolehlah,atau memang minat Anda sedang menggebu-gebu dan badan masih muda,gagah dan belum sakit-sakitan,sehingga mengambil pekerjaan yang terlalu berat dan memakan waktu panjang sehingga mengganggu jadwal istirahat secara normal tubuh kita.

Taruh saja misalnya terlalu banyak kerja lembur begadang setiap malam,lupa makan atau minum yang sehat,lupa istirahat dan sebagainya.Berbagai kasus kematian mendadak banyak ditemukan kepada orang yang terlalu kelelahan.Atau kalau tidak mendadak meninggal dunia,akan sakit dan akhirnya ambruk (down),harus masuk rumah sakit dan diopname.

Tergantung berbagai faktor,memang tidak semua yang super sibuk lalu jadi ambruk.Beberapa orang yang masih muda usia,daya tahan tubuh masih kuat dan kondisi badan sedang fit memang tidak terlalu kentara bahwa 'kelelahan' akan jadi masalah serius pada tubuh kita.

Namun harap diingat,bahwa bahaya kelelahan hampir sama dengan bahaya merokok dalam hal lambatnya isyarat tubuh menjadi sakit parah di akhirnya.

Maksud saya adalah,ketika Anda merokok hari ini,tentu tidak akan langsung mati karena jantungan atau kanker pada sore harinya ,bukan? Namun,akibat buruk dari suka merokok itu akan terasa jika sudah berlangsung cukup lama dan semakian kecanduan.Nanti tubuh akan digerogoti oleh berbagai macam infeksi,dari gangguan saluran pernafasan atas,bau mulut,gigi kuning,sampai akan berpenyakit jantung dan paru-paru infeksi.

Begitupun dengan akibat dari 'kelelahan' karena terlalu ngoyo bekerja.Jika Anda masih berusia muda dan dalam keadaan bugar,tentu tidak tidur dua hari dua malam atau telat makan sehari semalam,tentu tidak akan mati besok harinya,atau tidak akan langsung jatuh sakit di hari ketiganya.Namun jika kelelahan terus berlangsung dan terus tubuh dipaksakan,sehebat apapun daya tahan tubuh orang itu,maka suatu waktu akan ambruk ,jatuh sakit bahkan banyak yang langsung meninggal dunia.

Berlaku adil kepada tubuh fisik lahiriah kita,memelihara kesehatan jiwa dan raga,jangan terlalu banyak begadang,dan bergaya hidup sehat selalu.Hal demikian merupakan wujud rasa syukur kepada Tuhan yang telah memberi kita tubuh yang asalnya sehat.

Dan jika tubuh kita senantiasa dijaga kesehatannya,maka peluang untuk beribadah dan berkarya juga lebih baik,lebih produktif,dan Isnya Allah akan lebih panjang umur atau kesempatan bekerja dan beribadahnya.

Sehat adalah harta yang paling berharga.Salaman hangat semua.

                                                    ***

*) Tulisan ini terinspirasi dan sebagai rasa ikut berduka cita dan belasungkawa kepada sdri (almh) Mita Diran,seorang copywriter yang meninggal dunia karena diduga terlalu kelelahan setelah bekerja terus menerus selama 30 jam.Dan selama itu kondisi kesehatan beliau tidak diperhatikan.Semoga Dina ditempatkan oleh Tuhan di tempat yang baik dan berbahagia di sisi Tuhan.

Dari berbagai sumber berita:detik,kompas.com,kompasiana dan berbagai portal berita tanah air.

0 comments: