Minggu, 24 November 2013

3 Menit "Cek and Ricek" Kendaraan,Ikhtiar untuk Keselamatan

Keselamatan adalah hal utama dalam hal apapun,termasuk dalam berkendara.Keselamatan bagi diri pengendara dan keselamatan bagi orang atau pihak lain.Bukankah jika sudah terjadi kecelakaan akan membuat diri sendiri,kendaraan dan orang lain,bahkan jiwa seseorang akan menderita..?

Untuk itu mari kita waspada berkendara.Celaka dan selamatnya seseorang memang sudah ada takdir-Nya,namun kita wajib berikhtiar dan berusaha agar kita hidup ini selamat sentausa,termasuk keselamatan berkendara bisa kita usahakan.

Pernahkan Anda jika mau bepergian dengan kendaraan mengecek dan mericek semua komponen mobil atau motornya? Tentu jika semua komponen diperiksa akan menjadi repot.Atau akan menyita waktu super sibuk Anda.Tapi sesibuk apa sih sampai kita mengabaikan keselamatan? Atau tidak perlu memeriksa seluruh komponen,paling tidak periksalah hal-hal berikut sebelum berangkat:

1.Cek ricek lampu-lampu sen-sen,lampu rem,lampu dim dan lampu isyarat lainnya.

2.Cek lihat lahan di belakang mobil apakah bebas hambatan jika kita harus keluar mundur,mungkin ada batu kecil di belakang mobil,atau ada ember kosong atau ada korep gas akan terinjak ban.Atau bahkan mungkin ada khewan peliharaan sedang tidur di kolong mobil ? Dan sebagainya.Cek atau lihat dulu ke bagian belakang mobil ketika mau masuk ke pintu mobil.

3.Cek dan lihat ke 4 buah tekanan angin dan kondisi Ban mobil atau motor Anda.

Untuk 3 hal di atas,itu hanya memerlukan paling lama hanya 3 menit saja,dan efeknya bisa menambah peluang keselamatan berkendara Anda.

Tig hal itu hanya butuh 2 atau 3 menit saja sebelum Anda masuk ke mobil dan menghidupkan mesin mobil atau motor Anda.

Selamat berkendara...semoga selamat.

0 comments: