Selasa, 19 November 2013

Bangkrut Tapi Aman

Dalam dunia usaha atau wiraswasta,bangkrut atau perusahaan lumpuh total tidak berjalan adalah hal biasa.Oleh karena itu para ahli bisnis investasi suka menyarankan dengan amanat simbolis sebagai berikut :...Jangan simpan Telur Anda dalam satu wadah..!",atau , " Jangan terus memperdalam kedalaman Sumur Anda jika hanya menghasilkan air tetap saja dengan debit air yang tidak bertambah".

Tetapi tempatkan Telur (investasi) Anda di beberapa tempat,atau Galilah sumur-sumur yang lain,hasil airnya akan bertambah dari banyak sumber itu.Kira-kira kalau diterjemahkan adalah seperti ini:

"Jika Anda punya modal senilai 100 ribu,maka jangan diinvestasikan semua 100 ribuannya di satu ladang usaha,namun sisihkan untuk menabung,dan berinvestasi di bidang yang lain.Sehingga jika satu tempat usaha bangkrut atau terkena musibah maka tidak akan semua modal menjadi hancur.

Jika Anda melaksanakan 'trik bisnis' seperti di atas maka kemungkinan jika terjadi bangkrut di satu bidang atau tempat usaha yang satu,maka masih akan bisa terus berjalan bisnisnya di tempat yang lain.Malahan bisa saja hasil dari usaha di tempat lain akan membantu membangkitkan lagi bisnis yang bangkrut tadi.

Teori yang klasik dan sudah pada tahu semua sebenarnya,namun tulisan ini hanyalah menyegarkan kembali ingatan kita barangkali memang suka lupa karena saking terlalu banyaknya 'informasi' trik-trik bisnis yang membludak saat ini.

Selain trik di atas yang tidak kalah penting adalah,Anda sebagai pengusaha wajib sekali mempunyai Tabungan baik dalam bentuk uang tunai di Bank atau tabungan dalam bentuk harta tidak bergerak seperti pada saat jaya jangan lupa cepat-cepatlah membeli tanah yang banyak,membeli bangunan yang banyak.

Nah,kalau posisi Anda seperti hal di atas,mau beratus-ratus kali mengalami kebangkrutan pun maka bangkrut Anda akan cepat bangkit lagi.Bahkan bisa melesat lebih baik karena ilmu usaha Anda semakin bertambah karena pernah bangkrut atau salah beberapa kali.

Selamat berwirausaha,semoga sukses.

0 comments: