Minggu, 09 September 2012

Alexa Rank dan "Gengsi" Sebuah Web Site atau Blog

Kita semua tahu bahwa alexa rank adalah suatu peringkat yang dibuat oleh alexa.com kepada setiap web site atau blog berdasarkan banyaknya jumlah pengunjung ke web site tersebut.Bagi kalangan blogger dan pemilik web site rengking berdasarkan alexa ini menjadi sangat penting karena ukuran yang biasa dipakai oleh para pemasang iklan suka digunakan berdasarkan peringkat alexa.

Disamping alexa rank adapula pemeringkat oleh Google.com yaitu page rank Google,namun yang paling suka dijadikan tolok ukur dalam proses monetize suatu web site adalah dengan melihat rengking berdasarkan alexa.

Page rank yang digunakan google kalau tidak salah hanya dibatasi sampai nilai 10,tetapi page rank oleh alexa  lebih banyak dari itu.

Selain sebagai ukuran untuk monetize suatu web site,alexa rank juga menjadi penyemangat bagi blogger untuk melihat dan mengevaluasi sampai sejauh mana perkembangan pengunjung ke blognya,logikanya semakin sedikit nilai alexa rank artinya semakin baik rangkingnya dan itu tandanya semakin banyak pengunjung blognya, ini semua akan menarik pemasang iklan untuk di pasang di blog termaksud.

Sudah banyak bin bejibun artikel tentang bagaimana cara meningkatkan alexa rank bagi blog kita,bisa anda lihat di blog-blog sobat yang lain.

Namun yang jelas bagi saya sendiri yang paling logis dan paling masuk akal adalah :

1.Perbaharui konten blog kita setiap hari semaksimal mungkin dengan konten yang asli dan bukan konten copy paste.

2.Jangan merubah-rubah nama domain blog anda,rencanakan nama domain hanya satu kali dari sejak membuka blog.

3.Banyak silaturahmi dan selalu "mempromosikan' blog kita dalam kesempatan apapun baik secara online atau offline,karen alexa pada hakikatnya adalah jumlah pengunjung,semakin banyak yang mengunjungi blog kita maka semakin baik rangking blog.

4.Menulis komentar di blog teman (blog walking),optimalkan SEO dengan wajar dan tidak berlebihan.

5.Posting artikel tentang alexa di blog anda

Dan lain sebagainya yang bisa anda lihat pula di web site teman yang lain,pengalaman saya jika anda lihat saat ini alexa rank blog ini karena baru 4 hari berganti domain maka rangking blog bernadaindo turun drastis ke peringkat 14 jutaan pada hari kemarin,dan syukur pada hari ini sudah turun ke angka kepala 7 juta sekian hehe...

Padahal dahulu ketika belum ganti domain baru sudah di bawah kepala tiga jutaan,artinya gonta-ganti nama domain (nama blog) berpengaruh kepada rangking oleh alexa.

Kegiatan ngeblog sebenarnya yang paling utama adalah "menulis',dan akan terasa puas dihati (tujuan monetize,menguangkan blog menjadi realtiflah bisa menjadi nomor dua),namun ada kepuasan tersendiri jika blog kita (tulisan kita,) dikunjungi banyak pengunjung,dan salah satu ciri banyak pengunjung dengan alexa rank kita semakin baik.

Jadi bukan semata untuk tujuan "menuju pemasang iklan saja'(monetize), kita selalu memantau alexa rank,tetapi paling utama adalah kita bisa mengevaluasi seberapa banyakah pengunjung pada blog kita saat ini.

Rengking berapakah kita saat ini di dunia maya yang berjumlah jutaan situs dan website lainnya,sesuai kriteria alexa.com.

Salam selamat pagi.

0 comments: