Minggu, 30 September 2012

Masih Adakah Kyai Sepuh Yang Saleh,Tegar dan Mandiri ?

Sosok Kyai yang asli adalah seorang yang sudah mumpuni,penuh ilmu agama dan akhlaknya terjaga,sehingga ketika orang menghormati beliau bukan menghormati secara semu.Namun sebuah penghormatan yang tulus karena aura dari kesolehan sang Kyainya.


Akhlak mulia yang telah terpatri dalam segala gerak nafas hidupnya,kesederhanaan dan keluhuran budi pekerti serta ilmu yang dimilikinya.Membuat ketika berada di dekatnya ibarat diri kita berada dalam suatu lingkungan telaga nan sejuk dan menentramkan.

Kejujuran dan keihklasan dalam beramal,selalu sesuai antara perkataan dan perbuatan,tegas dalam menjelaskan syariat tetapi bijaksana dalam pendekatan setiap nada dakwahnya.Itulah sosok Kyai Sepuh jaman dahulu,atau sekarangpun masih banyak namun sudah susah untuk menemukannya.

Ditambah oleh sifat dan pribadi mandiri,mendirikan pesantren mandiri bersama gotong royong dengan warga.Kyai demikian tidak kemudian terpasung karena sudah ada materi yang tercampur oleh para penyumbang yang punya kepentingan.

Menjadikan segalanya lugas sesuai syar'i,tidak ada konflk dan tidak ada nada atau warna kepentingan di setiap dakwahnya.Mengalir saja sesuai apa yang seharusnya sama sekali tidak ada rekayasa.

Kemandirian ekonomi,rata-rata kalau tidak sebagai pedagang umumnya para Kyai Sepuh banyak bertahan hidup dari bekerja bertani,secara materi beliau baisanya sudah mempunyai tanah yang luas dibanding warga sekitar.

Jadi sudah matang,secara ilmu beliau lama sekali di pesantren,berjalan dari guru yang satu ke guru yang lain,mendalami ilmu agama bukan secara instan,tetapi mendalam bertahun-tahun lengkap dengan segala keprihatinan lahir bathin dalam proses mendapat ilmunya.

Secara ekonom beliau sudah punya harta yang cukup,sehingga kemandirian ekonomi keluarganya terjamin,tidak lalu harus meminta-minta untuk sekedar mengembangkan pesantrennya.Sederhana tetapi berwibawa.

Sosok demikian saat ini sudah mulai luntur dan jarang,ada pasti tetapi kadang kita sudah susah mendapatkannya.Tetapi saya yakin masih ada banyak di bumi nusantara ini figur yang demikian,yang mumpuni,linuhung,bijaksana,dewasa,berakhlak mulia,ikhlas dan bebas dari segala kepentingan golongan tertentu.Mereka adalah Kyai milik bangsa Indonesia.

Rindu sosok Kyai Sepuh yang demkian.
Salam.

2 comments:

saya juga merindukan.bertemu.dengan kyaisejati.