Minggu, 23 September 2012

Ketika Sedang Lelah,Stress atau Marah ?

Kestabilan emosi kita kadang bisa terkendali kadang bisa tidak terkendali,sesekali kita bisa bersikap tenang namun dilain waktu bisa juga kita menjadi sangat jengkel,mangkel,marah dan lelah hati serta cape badan.

Selama tidak berlebihan,jengkel,marah,lelah,mangkel dan cape pikiran,cape hati dan cape badan itu hal lazim saja dalam menjalani kehidupan,manusiawi kok.Jalani saja kalau masih dalam takaran yang normal,lain jikalau semua kondisi  di atas sudah diatas normal,anda perlu therapy atau malah berobat.

Inilah beberapa sikap dan tindakan yang harus dihindari atau yang harus dilakukan ,ketika kondisi kita sedang marah dan lelah baik fisik maupun psikis.

Diantaranya sebagai berikut :

1.Jangan membuat keputusan apapun,apalagi keputusan strategis,tunggulah sampai emosi kita stabil.Biasanya   segera kendalikan emosi dan beristirahat saja,berlibur atau ambil cuti.

Bukan lamban tetapi jeda sebentar demi menjaga terjadi kesalahan fatal berikutnya sebagai "akibat salah mengambil sebuah keputusan".

Misalnya :jika sedang bertengkar dan berselisih faham dengan isteri atau suami,tidak sedikit dalam keadaan marah,maka mudah berucap meminta cerai,meminta pisah.Untuk hal demikian coba diredakan dulu semua pihak,lebih baik didinginkan dulu sebelum anda menjawab ya atau tidak.Keluar dulu dari zona marah dan lelahnya.

2.Segera menjadwalkan liburan,istirahat,tidur yang cukup dan mencari sebuah tempat untuk melakukan "pencerahan".

Jangan dipaksakan badan dan pikiran terus bekerja,kemampuan fisik dan jiwa itu ada batasnya bukan mesin seperti robot (ungkapan klasik tetapi benar gan ..).

3.Perkuat keyakinan anda kepada Tuhan dengan berkonsultasi,bergaul ,dan menambah ilmu agama kepada orang-orang saleh dan asli,bukan ulama palsu.

4.Sadar diri,bahwa anda sedang tidak stabil,bahwa anda sedang stress.sadari diri bahwa tidak akan ada seorangpun di dunia ini yang akan sangat mengerti tentang kondisi anda sebenarnya,selain diri kita sendiri.

Melakukan self therapy adalah titik awal kondisi anda sehat bugar kembali.

Self therapy yang baik dan tepat berawal dari niat dan kesadaran diri dahulu,yaitu sadar bahwa kita sedang sakit,lelah,stress dan perlu berobat,perlu mencerahkan diri,perlu mencari pencerahan jiwa.

Dan tentu saja masalah teknisnya tidak bisa dilakukan sendiri,namun setelah anda sadar diri maka nanti akan mencari pihak lain yang tepat dan berusaha untuk memulihkan kondisi.

Masih banyak yang lainnya,kita share di kesempatan yang lain.Terima kasih telah membaca.(awd).

Disarikan dari berbagai sumber dan pengalaman pribadi.

0 comments: