Jumat, 21 September 2012

Sekilas Fenomena Paranormal di Kita

Keberadaan paranormal di tanah air mau atau tidak mau harus diakui bahwa keberadaannya memang ada,hal ini berkaitan dengan budaya turun temurun dari nenek moyang kita.

Beberapa keluarga berhasil memangkas budaya sugesti dan subyektif berlebihan di keluarganya tentang ketergantungan kepada paranormal.Tetapi tidak sedikit pula yang tidak peduli atau malah mendukung terus supaya tetap tergantung kepada paranormal dalam sebagian gaya dan menjalani hidupnya,baik secara sadar atau tidak dengan menyadarinya.

Dalam konteksnya dengan Paranormal,yaitu seseorang yang dianggap mempunyai kemampuan luar biasa,melebihi kemampuan rata-rata atau normal,kemampuan paranormal tidak bisa dijangkau dan dijelaskan secara ilmiah,bisa terjadi di luar jangkauan akal dan di luar nalar manusia biasa.

Dalam perkembangannya Paranormal pun menjadi berbagai macam,secara umum ada dua jenis Paranormal,yaitu Paranormal Asli dan Paranormal Palsu.

Sebutan untuk merekapun berbagai macam,biasanya sesuai dengan dimana sang Paranormal itu bekerja dan berdomiili,misalnya di daerah Jawa Barat (Priangan) suka disebut Dukun,atau Ahli hikmah atau beberapa diantaranya banyak yang menyebut Tukang Tulung (Orang yang suka menolong).

Secara umum aslinya Paranormal juga bekerja adalah untuk menolong orang lain dengan "kemampuan" yang dimilikinya,dengan berbagai cara sesuai kepercayaan dan keahlian yang dimiliki Sang Paranormal tetapi tetap tujuan utamanya adalah menolong orang lain.

Konon ,asal mulanya mereka hanya menolong seperti pekerjaan seorang dokter,yaitu fokus di pekerjaan menolong membantu menyembuhkan orang sakit (secara medis, tradisional),sebelum muncul Tabib atau Dokter di jaman modern kemudian.

Karena jaman dulu sekali belum ada dokter dan ahli kesehatan secara medis dan ilmiah,maka manusia jika sakit tubuh dan jiwanya selalu meminta pertolongan kepada seorang yang dianggap punya kemampuan Paranormal.

Melihat dari semangat menolongnya Pekerjaan Paranormal sungguh mulia,bahkan beberapa diantaranya menolak untuk diberi upah,karena sifatnya hanya untuk menolong.

***

Lalu beberapa  puluh atau ratus kemudian muncul Paranormal yang palsu dan mengaku-ngaku,mereka oknum paranormal demikian memanfaatkan kebesaran niat dan sifat baik di awal paranormal ada,tujuan oknum macam begini hanya untuk menumpuk harta dengan mudah dengan mengaku sebagai paranormal,sejatinya mereka adalah penipu (paranormal atau dukun palsu).

Dengan sedikit berlagak orang alim atau orang sakti,lalu tidak sedikit yang menjadi paranormal penipu.Memanfaatkan "kegalauan" pasien-pasiennya untuk menjadi lahan empuk mengeruk uang atau hartanya.

Di dalam prakteknyapun mereka sudah bukan sebagai "dokter atau tabib"lagi,yaitu fokus ke mengobati orang sakit (medis) saja,tetapi sudah melebar ke perbuatan syirik dan sihir kalau dilihat dari sudut pandang agama Islam.Malah beberapa diantaranya banyak perbuatan yang merusak dan memporakporandakan akidah para "pasiennya".

Paranormal demikianlah yang oleh Islam disebut para penganut Kahin,yaitu seseorang yang menggunakan jin kafir atau setan untuk mengelabui manusia supaya terpedaya dan beralih kepercayaannya kepada selain Allah.Mereka penganut ilmu Sihir,dan Sihir dalam hukum Islam adalah Haram,berdosa.

Kalau ditulis akan panjang gan..,namun intinya di tulisan ini,seperti halnya profesi yang lain saat ini,selalu ada dua jenis,yang asli dan yang palsu dengan memakai merk atau nama yang sama.

Bahkan bagi yang moslem hati-hati juga karena banyak yang merknya-Islami tetapi dalam prakteknya sebagai pemuja setan atau jin kafir,mereka bergabung dengan kekuatan setan untuk menyihir dan mengelabui ke-Imanan-kita.

Paranormal yang tetap fokus ke niat baik yaitu sebagai tukang menolong orang yang sakit,dengan praktek yang tidak keluar dari syariat agama,masihlah kita layak mengapresiasi dan respek atau bisa menggunakan jasa mereka.

Sebab beberapa ada orang yang memang diberi kelebihan oleh Allah,untuk bisa mengobati bahkan dengan cara yang tidak terjangkau akal dan diluar nalar,misalnya hanya dengan bantuan lahiriah ramuan herbal atau dengan doa-doa yang dikabul Tuhan karena kesalehannya,karena dekat dengan Tuhan.

Namun jika dalam prakteknya seorang tukang tolong yang kita mintai tolong sudah mengindikasikan ke arah syirik,bagi umat Islam khususnya disahakan segera jauhi,apalagi misalnya sudah menyangkut ke materi dan uang.

Kalau belum apa-apa sudah meminta uang waspadalah,jangan-jangan itu hanya paranormal oknum yang selama ini mengotori nama baik paranormal yang asli.

"Dibalik ini semua,bahwa memang ada orang yang doa-doanya dkabulkan Tuhan,termasuk jika mendoakan orang lain yang datang kepadanya untuk minta tolong didoakan,misalnya untuk didoakan kesembuhan dari penyakitnya,atau diberi kemudahan dalam hidupnya,tentu pasti ada orang yang doa-doanya dikabukan Tuhan".Tetapi apakah kita bisa mengetahuinya...?siapa orang dan bagaimana macam orangnya..?.

Tentu akan sulit menemukannya..?

***
Yang jelas,karena keberadaan paranormal di kita memang ada dan banyak,tulisan semacam ini akan banyak mengundang pro dan kontra.Dan saya penulisnya tidak bermaksud mengundang masalah dengan ini.

Kembali lagi deh ke diri pembaca masing-masing,maksud saya adalah: paranormal yang baik,asli dan masih sesuai syariat masih banyak,yaitu paranormal yang menggunakan Tuhan sebagai sumber kekuatannya.

Dan hati-hati dengan oknum paranormal yang memakai kekuatan setan atau jin kafir untuk membantu prakteknya,karena yang namanya setan dan jin kafir layaknya manusia mempunyai nafsu juga,mereka akan menuntuk sesuatu (upah) dari anda yang memakai jasanya,baik jasa materi ataupun non materi.

Dan biasanya hasil dari bekerjasama dengan setan atau jin,bisa dilihat di ujungnya,jika hasil dari doa kepada Tuhan akan selalu membawa keberkahan,tetapi jika pada masa mencari jalan keluarnya memakai jasa Setan dan Jin Kafir,diujungnya nanti akan berbuah kejahatan dan kehancuran hidup.

Pilihan dan penilaian anda tentang ini,kembali lagi ke diri anda masing-masing,saya tidak bisa dan tidak berhak mengatur hidup anda.Ini hanya berbagi opini pribadi aja,semoga ada manfaat.Boleh setuju atau tidak.

Terima kasih telah membaca,dan salam berbeda pendapat demi mendapat kebaikan dalam mengarungi hidup kita selanjutnya.

Wallahualam.

Nota Bene : Semua isi tulisan ini adalah sebagai pendapat pribadi netral saya saja sebagai penulis catatan ringan di atas.

Dan mohon maaf bila ada komentar yang mengundang "debat; kusir,maka dengan hormat akan saya hapus.

0 comments: