Minggu, 30 September 2012

Inilah Dua Ciri Utama Sifat Sombong

Dalam sebuah hadist riwayat Abdullah bin Mas'ud didapat hikmah sebagai berikut :"Dari Nabi Muhammad SAW bersabda,"Tidak masuk surga,orang yang di dalam hatinya ada sebesar biji sawi dari kesombongan,"(Shahih Muslim:149-(91) ).


Di keterangan lain dikemukakan bahwa orang yang sombong akan dihancurkan ketika di dunia dan akan dihinakan ketika di akhirat.Walaupun terjadinya kehancuran dunia secara perlahan dan tidak dapat disangka-sangka oleh makhluk.

Sebagian ciri sifat sombong tersebut adalah :

1.Mengingkari atau menolak kebenaran,sama sekali hatinya gelap untuk menerima kebenaran agama.

2.Suka merendahkan orang lain,yaitu merasa dirinya sendirilah yang terbaik,semua yang di luar diri orang sombang adalah lemah dan rendah.Contohnya ketika Iblis disuruh menghormati Adam oleh Allah,Iblis menolak karena dia angkuh,sombong merasa dialah yang paling senior,paling mulia dan paling gagah dan sebagainya,merendahkan orang atau pihak lain.

Contoh yang paling dekat,lihat saja orang di sekitar kita yang angkuh dan sombong,akhirnya mereka jatuh dan hancur juga dikemudian,hanya masalah waktu saja,saat ini,besok atau nanti.

Melecehkan dan merendahkan orang lain,angkuh dan takabur dengan segala kelebihan diri.Semoga kita dilindungi dari sifat sombong.

(awd-bicom)
Sumber : Disarikan dari berbagai sumber.Ditulis di bawah kategori islami.

0 comments: