Minggu, 02 September 2012

Toleransi dan Kenyamanan Pribadi

Ingin nyaman di tengah hidup bermasyarakat baik di masyarakat nyata maupun di maya (internet),coba kembangkan dan amalkan sifat hidup "toleran' terhadap diri dan lingkungan.

Orang yang toleransinya tinggi dan baik serta benar tidak akan mudah terserang ketidaknyamanan,malah sebaliknya cenderung orang tersebut nyaman selalu dan mantap terus melangkah,karena orang yang toleran akan bisa menerima dan menghormati kondisi orang lain dan lingkungan yang berbeda,bahkan berbeda apapun dengan dirinya.

Orang yang toleran akan sangat memahami dan menikmati segala perbedaan yang ada,segala perbedaan justeru menjadi sebuah seni tersendiri untuk dinikmati orang yang toleran.

Tentu saja toleransi kepada hal-hal yang bersifat baik dan tidak jahat,orang yang toleran kepada yang baik dan benar akan bisa berubah menjadi sangat tidak toleran kepada hal-hal yang jahat.

Artinya toleransi kepada hal-hal jahat jangan dilakukan,misalnya kepada kasus korupsi,kepada segala kebobrokan negeri,kepada segala bentuk kejahatan, tentu jangan beri toleransi kalau hal demikian.

Maksud saya kita kalau mau nyaman dalam hidup,mari saling bertoleransi dalam berinteraksi  kita selama hal yang ditolerir itu masih berada dalam koridor kebaikan.

Perbedaan yang ada bahkan bisa kita nikmati sebagai suatu keindahan warna-warni perbedaan itu sendiri, jika sikap,jiwa dan pribadi kita mampu menjadi seorang yang toleran,yang bisa menghormati dan menyikapi dengan benar segala perbedaan yang ada.

Hal apa saja yang perlu kita tolerir? tentu semua pembaca lebih tahu dari saya,tetapi intinya toleranlah kepada setiap perbedaan yang ada,selama yang kita toleriri itu berupa kebaikan,tetapi kalau kepada hal yang jahat jangan ditolerir lagi justru kita mari berantas bersama.

Selamat malam.

0 comments: