Kamis, 27 September 2012

Mengapa Perlu Berdoa Setiap Saat ?

Berdoa artinya memohon sesuatu kepada Tuhan,dalam hal ini karena agama saya Islam,saya berdoa kepada Allah,Tuhan kami kaum muslimin.Berdoa setiap saat terutama doa meminta keselamatan dan perlindunganNya.

Mengapa perlu setiap saat...?,karena dalam kehidupan ini hal-hal yang akan terjadi kemudian semua orang tidak ada yang tahu.Apa yang akan terjadi dengan tubuh dan jiwa ini satu menit kemudian,apalagi satu jam kemudian atau lebih dari sekarang.

Itu semua tergantung kepada Takdir Allah,semua yang terjadi atas Kuasa Allah kepada setiap orang yang membawa garis takdirnya masing-masing sesuai kehendakNya.

Dalam fakta sehari-hari,hidup kadang-kadang ibarat kita sedang melakukan perjalanan membawa mobil di jalan raya.Meskipun kita selalu di jalan yang benar,di jalur yang seharusnya, tetapi tetap bahaya sesekali akan mampir juga.Entah itu akan diserempet teman seperjalanan atau anda tiba-tiba lalai mengantuk dan menabrak sesuatu,atau teman di sebelah menyinggung dan menyenggol kita padahal kita di jalur benar dan sebagainya.

Dalam hidup juga demikian,jangan disangka kita sudah merasa di jalur yang benar lantas kita akan segalanya selamat,lancar dan mulus.Sesekali akan ada hal-hal yang tidak anda duga di luar perhitungan dan kemampuan antisipasi seorang makhluk.

Misalnya,ketika anda bekerja di kantor atau di mana saja dengan tekun,rajin,benar dan lurus,namun tiba-tiba anda "difitnah' menggelapkan uang perusahaan,atau masalah lainnya,Hal macam begini bisa saja terjadi kepada semua orang,termasuk kepada orang yang saleh atau kepada orang brengsek.

Untuk menghindari hal-hal jelek dan berbahaya semacam itu,itulah perlunya berdoa setiap saat.Memohon perlindungan kepada Allah.Karena hanya Allah-lah yang kuasa untuk menyelamatkan atau mencelakakan siapapun makhluk-Nya.

Minimal kalau muslim,sebelum beraktivitas membaca ,Basmallah.

Memulai sesuatu dengan menyebut nama-Nya,itu adalah doa juga karena jika selalu bersama Allah,insya Allah yang terjadi kepada kita akan selalu yang terbaik.

Karena apa yang akan terjadi kemudian terhadap kita selanjutnya,itu semua adalah rahasia Tuhan.Tidak akan ada satu ilmupun yang bisa menerawang secara detil apa yang akan terjadi pada diri kita satu jam kemudian saja apalagi kalau lebih dari itu.

Ini artinya bahwa kita memang tidak berdaya dan tidak punya kuasa,sehebat dan sepintar apapun diri kita.Dan doa adalah wujud pengakuan bahwa kita tidak punya daya dan upaya selain semuanya terjadi hanya karena Kuasa Allah.

Berdoa adalah langkah usaha preventif kita untuk menghindari segala bentuk keburukan,kejahatan dan kecelakaan yang akan terjadi kemudian dalam kehidupan kita.

Semoga doa baik kita diijabah dan dikabulkan Allah SWT.Amin.

Wallahualam.

0 comments: