Selasa, 26 Juni 2012

Sekilas Tentang Saudi Arabia

Catatan ringan : Aang WD

Berkas:Sa-map.png
Gambar Peta dari: id.wikipedia.og
Gurun atau padang pasir dan suka disebut juga Sahara terluas di dunia ada di Saudi Arabia,mereka memberi nama Al Khali atau daerah kosong,terletak di wilayah selatan kerajaan.

Kehidupan di sini bisa dikatakan tidak ada selain manusia yang hanya lewat karena melakukan perjalanan atau beberapa padang rumput hampir kering yang tumbuh sangat sedikit di sela-sela pasir dan bebatuan.


Di sebelah barat daya terdapat padang rumput tetapi ya begitulah tidak sesubur seperti di daerah tropis misalnya,hanya tumbuhan tertentu yang dapat hidup di sana,atau ada yang sengaja menanam rumput untuk dijual ke kota sebagai bahan penghijauan di taman-taman kerajaan atau di rumah penduduk.


Saudi Arabia mempunyai penghasilan terbesar dari Minyak Bumi dan Gas dtambah dengan pendapatan dari Wisata dan sekarang ditambah industri petrokimia,yang sebagian besar mempengaruhi kekuatan ekonomi Kerajaan adalah Minyak Bumi yang melimpah,devisa dari  ONH dan umroh hampir sebagian besar digunakan lagi untuk membangun fasilitas-fasilitas pedukung ibadah haji.

Dengan jumlah penduduk yang hanya sekitar 27 juta jiwa di tahun perkiraan 2006,dan PDB per kapita lebih dari 15 ribu Dolar US.maka tingkat kemakmuran di kalangan warganya lebih baik dan seperti tidak ada kemiskinan di kalangan Penduduk dan warganya,kecuali mereka yang malas dan bermental miskin.

Banyak fasilitas umum yang digratiskan oleh Kerajaan di berbagai bidang,sebut saja ada program kesehatan gratis,sekolah gratis dan layanan publik lainnya.

Dengan sistem Monarki atau Kerajaan menjadikan situasi politik di Saudi tidak terlalu bergejolak,keamanan relatif baik dan penegakkan hukum syariat Islam ditegakkan dengan masih kuat.

Tingkat kepatuhan secara permukaan di kalangan warga terhadap Kerajaan masih sangat kental dan setia loyalitasnya masih kuat,paling tidak dilihat dari formalitas di berbagai bidang kehidupan sehari-hari di sini.

Negeri yang berzona waktu UTC +3,dan bermata uang Riyal Saudi (SAR),serta berkode telepon nomor awal 0966 dan ranah internet (.sa) dot sa,bahasa resmi Arab,ibukota Kerajaan Kota Riyadh dan Raja yang berkuasa sekarang adalah King Abdullah Bin Abdul Aziz,ini memang menjadi salah satu negara paling kaya di dunia.

Kerajaan Saudi juga mempunyai hari jadi mereka yaitu tanggal 23 September 1932,di proklamasikan oleh Abdul Aziz bin Abdirahman As Saud,yang sekaligus menjadi Raja Pertama Kerajaan Saudi Arabia,dengan sebutan populer Al-Mamlakah Al 'Arabiyah Al Su'udiyah.

Hingga sekarang tanggal tersebut suka diperingati,mereka menyebutnya Yaumil Wattani,atau semacam H.U.T nya kerajaan mereka.Pada perayaan ini dilaksanakan ritual upacara di kalangan pejabat Saudi dan pada malam menjelang atau di hari 23 Septembernya hampir semua warga terutama para pemuda dan laki-laki atau wanita beserta keluarga,yang penulis lihat di kota Riyadh,mereka turun ke jalanan dan merayakan sambil pawai mobil dengan yel-yel kebanggan terhadap kerajaan.

Mereka pawai mobil kejalanan di hampir semua pelosok Riyadh dan hampir semua orang lalu menuju ke kawasan Jalan Olaya yang ada mereka berputar-putar saja di sekitar sana lalu pulang.

Dalam pawai itu para pemuda mengikat kepala atau berselendang bendera kerajaan dan sesekali bernyanyi lagu kebangsaan mereka "Aash Al Malik" artinya panjang umurlah sang raja.

Saudi Arabia terdiri dari 13 provinsi  yang mereka sebut Mantiqah atau mantaqah sbb:


  1. Bahah
  2. Hududusy Syamaliyah
  3. Jauf
  4. Madinah
  5. Qasim
  6. Riyadh
  7. Syarqiyah,provinsi timur termasuk Kota Damam dsk.
  8. 'Asir
  9. Ha'il
  10. Jizan
  11. Makkah
  12. Najran
  13. Tabuk



Raja-raja Saudi sbb:

Raja Abdul Aziz (Ibnu Saud) (1902/1932-1953),Raja pertama dan pendiri Kerajaan Saudi Arabia
Raja Saud, putra Raja Abdul Aziz (1953-1964)
Raja Faisal, putra Raja Abdul Aziz (1964-1975)
Raja Khalid, putra Raja Abdul Aziz (1975-1982)
Raja Fahd, putra Raja Abdul Aziz (1982-2005)
Raja Abdullah, putra Raja Abdul Aziz (2005-)


"Raja-raja Arab Saudi tidak dipilih berdasarkan keturunan, melainkan berdasarkan kemampuan mereka. Pengganti Raja Fahd, misalnya, bukanlah anaknya, melainkan saudara Raja Fahd, Abdullah. Meskipun begitu, hingga kini semua Raja setelah Abdul Aziz masih berasal dari lingkungan keluarga; semua Raja adalah putra-putranya." demikian tulis Wikipedia,id lebih lanjut.

Masih banyak yang meskipun memang sudah banyak dimuat di tulis di tempat lain tentang Saudi,tetapi khusus dalam catatan saya akan selalu ditambahkan pengalaman pribadi saya sendiri ketika saat ini sedang berdomisili di kota Riyadh,KSA.

Tentu saja sebagai referensi saya membaca dan mengutip dari berbagai sumber,karena ilmu pengetahuan kita terbatas,saling berbagi di dunia maya,karena meskipun sudah ada ditulis di media asalnya,tetapi mungkin saja kesempatan membaca kita terbatas dan tidak ada salahnya kita berbagi asal jangan melakukan plagiat saja,yaitu mengaku bahwa semua data adalah hasil karya kita sendiri.

Sekian dulu salam semangat berbagi informasi,terima kasih sudah mampir dan meluangkan waktunya untuk membaca catatan-catatan ringan saya di blog ini.

Silahkan tinggalkan jejak anda di komentar,insya Allah saya akan berkunjung balik ke link saudara semua.

Salam.

Disarikan dari berbagai sumber:
-pengalaman pribadi
-koleksi bacaan pribadi di kamar kostan
-www.id.wikipedia.org
-dan situs teman lainnya



2 comments:

maaf sebelumnya.. Bukan maksud saya sentimen dengan hal berita dari arab Saudi.. Cuma kebanyakan orang yang menggambarkan negara Saudi ini selalunya yang baik-baik saja yang di pertontonkan.. Coba lah kupas juga kedekatanya yang sangat akrab dengan negara negara yang jelas memusuhi islam seperti Amerika inggris dan Israel misalnya dan kebijakan yang selalu menutup mata dari penderitaan kaum muslimin di dunia.. Sejarah sejarah islam yang di bumi hanguskan juga semisal.. Dan para TKW yang pulang dengan keadaan hamil dari ulah majikanya juga banyak dan itu bukan rahasia umum lag... TKW yang kalau gajian atas saran dari majikanya agar di titipkan ke majikanya saja biar gaji ngumpul dan setelah habis kontrak sang majikan tau tau menaruh barang perhiasan dlm kamar sang TKW lalu sang majikan laporan ke polisi dan menuduh sang TKW telah mencuri terus di hukum pancung.. Dan masih banyak lagi sisi kelam yang di di ungkapkan atau di sembunyikan.. Oleh sang penulis di atas. Yang jadi pertanyaan saya si penulis di atas tau atau memang tidak tau.. Tapi kalau tidak tau ya kita bisa memaklumi.

Link ini hanyalah satu dari sekian banyak sisi kelam Yahudi eh salah Saudi maksudnya saya.. http://id.globalvoicesonline.org/2009/03/31/arab-saudi-janda-berusia-75-tahun-dihukum-cambuk-akibat-menerima-tamu-laki-laki/