Senin, 08 Oktober 2012

Punya IQ Tinggi BIsa Lebih Bahagia ?

                

Saya membaca sebuah artikel hari ini tentang bahwa orang yang nilai IQ-nya tinggi akan lebih bahagia dan berpeluang sukses lebih besar daripada yang ber-IQ tidak tinggi.

Untuk kasus perorangan dan individu mungkin iya,tetapi menurut pengalaman pribadi bahwa hanya mempunyai IQ yang tinggi saja belum menjamin seseorang akan bahagia dan sukses.

Terutama sukses dalam arti berhasil,berhasil membina keluarga yang sakinah,mawaddah dan warahmah,sukses menjadi orang tua yang berhasil,sukses dalam usaha,sukses mengumpulkan harta untuk ibadah dan sukses menjadi orang yang bermanfaat bagi dirinya,keluarga ,orang lain dan alam semesta.Sukses menemukan jati dirinya sendiri.

Jika hanya mengandalkan IQ tinggi tidak selalu menjamin meraih sejenis keberhasilan seperti contoh di atas.

Pengalaman dan kenyataan membuktikan bahwa,hanya orang yang punya keseimbangan antara IQ,EQ dan SQ adalah orang yang berpeluang besar mencapai bahagia dan gampang berhasil.

Sebagai kilas balik saya kutip definisi umum tentang ketiganya (siaran ulang gan hehe..):

Berikut sekilas tentang,Kecerdasan Intelektual (IQ),Kecerdasan Emosional (EQ) dan Kecerdasan Spiritual (SQ).

1.IQ yaitu Kecerdasan Intelektual adalah kemampuan itelektual,analisa,rasio dan logika.Sumber informasinya hanya yang dapat ditangkap dengan panca indera,yang ber IQ tinggi cara berpikirnya memang hebat,hampir semua informasi yang diperoleh bisa diolah dengan mudah oleh kecerdasan berpikirnya.

Dengan daya pikir yang hebat inilah empunya IQ tinggi bisa mencapai bahagia dan sukses dalam hal-hal tertentu.

2.EQ yaitu Kecerdasan Emosional adalah kemampuan merasakan dan memahami untuk kemudian disikapi dengan manusiawi.

Orang yang punya EQ yang baik bisa memperoleh informasi tidak hanya dari panca inderanya,tetapi ada tambahan lain yaitu dapat mendengar suara hati.Bisa membaca hal yang tersurat dan juga yang tersirat,bisa menerjemahkan dengan baik hal yang verbal maupun yang non verbal.

Pemahaman demikian,bagi yang si empunya EQ bagus akan bisa beradaptasi lebih baik dengan lingkungannya.Orang yang EQ-nya baik dapat merespon tuntutan lingkungannya dengan tepat.

Hal inilah yang bisa membawa keberhasilan dan kebahagiaan seseorang dengan ber EQ yang baik.

3.SQ yaitu Kecerdasan Spiritual adalah kecerdasan untuk menghadapi persoalan  makna atau  value.

Atau dengan kata lain SQ adalah kemampuan untuk memberi makna ibadah kepada setiap perilaku dan dan segala aktivitasnya.SQ adalah suara hati Ilahiyah yang memotivasi seseorang untuk berbuat
atau tidak berbuat sesuatu.

Kecerdasan Sipritual berpusat di hati nurani,suara ilahiyah suara yang sangat tidak diragukan lagi kebenarannya.

***
Dan sepanjang pengalaman hidup serta kenyataan yang terjadi,bahwa hal yang menjadikan seorang manusia bisa bahagia dan berhasil adalah dimana keseimbangan antara ketiga hal tersebut terdapat dalam diri dan jiwa orang tersebut.

Beliau mempunyai IQ yang baik,punya EQ yang cukup ditambah dengan SQ yang baik pula.Cerdas Berpikir,cerdas beradaptasi,cerdas memberi makna ibadah terhadap semua kegiatan hidup ini.

Insya Allah,hidup tidak akan terlalu jauh dari kebahagiaan dan "keberhasilan".

Diolah dari berbagai sumber,dari pengalaman hidup,dari guru BP semasa SLTA dan dari kehidupan sehari-hari.
Referensi :badilag,net

Terima kasih telah membaca.(Awd-bicom)
Ilustrasi :flickr.com

0 comments: