Minggu, 07 Oktober 2012

Siapakah Saya [Kita] ?

            

Pertanyaan di atas adalah kalimat yang sering kita dengar jika sedang menafakuri hidup bahwa siapakah diri kita ini ?

Dan jawabannya,saya teringat ketika 23 tahun yang lalu ditanya oleh guru BP/BK semasa SMA. Saya belum begitu bisa memahami dengan sungguh-sungguh waktu itu,malahan suka kesel juga,ngapain sih pakai tanya-tanya Siapakah diri kita..? hehe maklum masih ABG.

Waktu itu ya asal jawab saja,misalnya ketika ada tugas di kertas selembar untuk menjawab pertanyaan kuesioner guru BP,menjawab pertanyaan :Siapakah Saya....?,ketika SMA dijawab: Aku adalah Aang WD,kujawab begitu saja mungkin ditambah umurku 18 th,laki-laki,hobi membaca dan jalan-jalan dan belum punya pacar...(saya kurang laku tuh waktu SMA ..he..!).

Namun dengan pertanyaan yang sama untuk 23 tahun kemudian (saat ini umur 39 hampir 40 th),baru saya sadari,bahwa untuk menjawab yang paling tepat pertanyaan ,Siapakah kamu ?.Siapakah Aku ?.dan jawabannya sebagai berikut.

Jawabannya adalah" inilah aku dengan segala kekurangan dan kelebihannya sebagai aku,sebagai saya".

Ya sebagai saya,yang pasti ada kekurangannya juga pasti ada kelebihannya,kelemahan dan kelebihan itupun tidak akan sama persis dengan kelemahan dan kelebihan orang lain.Diri saya (anda) masing-masing adalah sebuah pribadi yang unik.Tidak akan ada duanya di dunia,walaupun akan ada yang mirip tetapi tetap tidak akan sama.

Kita pasti berbeda satu sama lainnya,kita semua unik,kita semua hanya ada satu model yang seperti diri sendiri di dunia ini,maka dari itu Percaya Diri saja,toh kita semua mempunyai kelemahan dan kelebihan masing-masing.

Tidak usah minder juga tidak usah sombong,karena kalau masih berwujud dan bernama manusia pasti punya kekurangan dan punya kelebihan.Jika sombong artinya pemahaman kepada diri sendiri dan hakikat diri sendiri belum mengerti dan paham dengan betul.

Jika angkuh dan sombong artinya kita masih belum paham siapa diri kita ?,jika minder,jika takabur,jika merasa diri yang paling lebih,merasa diri paling ter-dan ter dari orang lain,atau sebaliknya merasa rendah diri dan lemah artinya diri dan pribadi kita belum paham betul mengerti siapa diri kita.

Tidak terlalu rendah diri karena punya kekurangan diri,juga tidak terlalu sombong dan angkuh ketika mempunyai kelebihan diri.Karena semua orang,semua manusia diberi kelemahan dan kelebihan masing-masing.Itulah sejatinya manusia tidak ada yang sempurna.

Artinya semua manusia sama,punya kekurangan dan punya kelebihan masing-masing,yang menjadikan manusia menjadi mulia atau tidaknya adalah hanya amal perbuatan manusia itu sendiri.Beramal baik pasti mulia,beramal tidak baik pasti hina di duna juga hina di kehidupan kedua nanti.

Inilah kita,inilah anda,inilah saya,Inilah aku yaitu aku dengan segala kelebihan dan kekurangannya diri ini.

Selamat pagi semua.

Ilustrasi : Flickr.com

0 comments: