Kamis, 18 Oktober 2012

Humor : Oh,Profesional dan Ahli Itu Yang Gini Ya ?

Profesional biasanya ditujukan kepada orang yang ahli di bidangnya tetapi jenis pekerjaannya formal.Biasanya....! Dan kepada kaum tenaga terampil untuk yang ahli di bidangnya,namun jenis pekerjaannya informal,serabutan,buruh kasar suka disebut Tukang.

Tukang,Ahli dan Profesional artinya sama yaitu seseorang yang sangat memahami dan menguasai betul pekerjaannya.

Seorang Insinyur Listrik misalnya,akan sangat menguasai betul sampai detil yang terkecil dari hal tentang listrik,sampai bisa menyambungkan kembali bohlam lampu yang sudah mati karena putus..!lah...apa iya ? seharusnya Iya..harus bisa.

Atau beliau Insinyur listrik akan tahu jikalau sedang bertamu di sebuah rumah,lalu di atas genteng ada kabel yang kornsleting.Dari bau kabel yang terbakar sudah tahu dimana letaknya lokasi konslet itu.Saking ahli dan profesionalnya Insinyur Listrik.

Atau seorang sopir,seorang sopir yang sudah ahli akan dengan mudah merasakan bahwa tekanan ban kanan atau kiri depan belakang bannya ada yang tidak seimbang ukuran anginnya.Bahkan ketika menambah angin dari kompressor mereka tidak menggunakan meteran ukuran tekanan ban lagi,cukup oleh insting "keahliannya".Dan ketika diukur ternyata ukuran psi -nya tekanan ban sama besarnya,padahal ketika mengisi angin sang sopir hanya memakai perkiraan saja.

Atau seorang Bidan yang profesional sudah tidak harus memakai alat USG lagi,ketika meraba dan melihat wanita hamil sudah bisa langsung menebak,kapan bayi itu lahir dan dan berapa umur kehamilan seseorang.hanya dari melihat dan meraba saja.

Atau seorang dosen,akan sangat tahu dan mengerti,Kuliah atau cara mengajar yang bagaimana yang materinya bisa langsung masuk ke otak semua mahasiswanya.Bahkan bisa menembus otak siswa yang paling bodoh sekalipun,hanya dengan gaya mengajar sang dosen atau guru tersebut sudah profesional.

Guru yang ahli dan baik adalah sudah tidak ada lagi kamus bahwa anak didiknya seolah-olah begini...,ah itu sih anaknya bodoh,...ah itu sih anaknya telat mikir,....ah itu sih anaknya IQ jongkok.Jika profesional semua anak didik atau mahasiswa akan selalu mengerti setiap seorang guru mengajar atau memberi kuliah.

Lah kalau hanya masuk dan dimengerti oleh anak didik yang pintar saja,orang yang bukan guru atau dosenpun bicara di depannya akan cepat dimengerti bukan ? Tugas guru dan dosen adalah membuat orang bodoh menjadi pintar,orang tidak tahu menjadi tahu.siapapun orangnya,kalau profesional tentu bisa memintarkan mereka walau mereka bodoh.Dan gaya mengajarnya past akan selalu dimengerti oleh yang bodoh sekalipun.

Atau tukang ojeg,yang ahli dan profesional adalah tukang ojeg yang tahu semua rute di wilayah kerjanya.Sampai ada galian lobang di semua lokasi jalannya dia tahu,sampai nama-nama gang dan kampung di wilayahnya dia tahu,sampai bagaimana bersikap ketika wanita penumpangnya jika jalanan menurun mendesak tubuhnya ke punggung dia.

Tukang ojeg yang profesional,akan sangat tahu kapan polisi bertugas dan suka menilang mereka,kapan harus ngetem dan kapan harus "nyodok' dalam mencari penumpangnya.Dan akan sangat tahu ,diantara sekian ratus orang yang sedang berjalan di trotoar,beliau tahu mana bahasa tubuh orang yang sedang mencari ojeg dan yang sedang jalan-jalan biasa saja.

Seorang sopir angkotpun demikian,sangat tahu membedakan dari sekian puluh orang yang berjejer di pinggir jalan,belaiu tahu mana yang calon penumpang dan mana yang sedang mejeng doang di pinggir jalanan.

Konon kata teman saya,yang profesional dan ahli itu,salah satunya adalah yang seperti gambaran terkecil di atas tadi.

Termasuk,Pembaca yang ahli baca dan profesional atau kutu buku atau kutu internet hehe,akan dengan mudah menebak dan merasakan mana tulisan humor dan mana tulisan yang "garing" haha

Dan bersyukur kalau anda merasakan saat ini sedang membaca tulisan garing,maka artinya anda memang kutu buku asli eh..tukang baca..pembaca profesional.hehe..Secara ini tulisan bukan humor,serius juga bukan ya gan..hehe,,ini hanya tulisan garing saja.

Tetapi sekali-kali keripik yang garing juga enak buat dinikmati,semoga...

***
Pertanyaanya : Sudahkan diri kita profesional di bidang kita masing-masing..?Sehingga kita layak disebut ahlinya?

Jika sudah,artinya anda sangat gampang mencari uang.Percayalah..

0 comments: