Rabu, 10 Oktober 2012

Kebiasaan Cuci Tangan dan Cacingan

                  

Sungguh penyakit cacingan ini seperti sepele dan ringan,secara gejalanya juga tidak terlalu merasakan rasa sakit yang luar biasa.Atau penampilan gejala penyakitnya tidak terlalu kentara,padahal bahayanya sama saja bisa mengakibatkan kualitas kesehatan kita menjadi buruk.

IQ bisa jongkok,daya tahan tubuh menurun,produktivitas menurun,sering lemah,lelah,lesu bahkan bisa impoten.

Impoten..?.Iya,secara gizi dan nutrisi tubuh digerogoti cacing gan.lalu mau ada energi seks dari mana?,padahal seks membutuhkan energi yang prima dan oke.

Dari sekian cara yang bisa mencegah penyakit cacingan adalah kebiasaan mencuci tangan ketika setelah beraktivitas apapun.Cuci tangan dengan sabun dan air bersih konon bisa mencegah masuknya ratusan kuman dan telur cacing yang mungkin menempel di tangan kita yang kotor.

Kedua mencuci kaki,ketika jalanan hujan,becek atau setelah beraktivitas di luar rumah dan kotor,maka telur cacing bisa nyangkut ikut di kotoran yang menempel di kaki kita.Jika tidak dicuci maka telur cacing dan kuman penyakit lainnya jadi menyebar ke berbagai tempat.Misalnya ke sprei tempat tidur,ke kasur,ke kursi,ke dapur,ke meja makan dan kemana saja sesuai kaki kita pergi dan bersentuhan.

Selain sering cuci tangan dan mencuci kaki,juga sering atau bagusnya tiap hari lantai di bersihkan mengepel dengan bahan clorok atau antikuman lainnya.Jelas deh supaya sehat dan bersih.

Cuci tangan dan cuci kaki sebaiknya sudah ditanamkan kebiasaan ini sejak dini kepada anak-anak kita.Terutama setelah pulang dari sekolah,ketika mau makan minum,dan ketika mau berangkat tidur.

Salam hangat.
Gambar:flickr.com

0 comments: