Sabtu, 06 Oktober 2012

Diri dan Jasad Yang Bermanfaat Bagi Tetangga

               
Tetangga yang kita maksud adalah orang lain di luar diri dan keluarga kita,bisa tetangga satu rw,satu rt atau satu kota,satu negara atau se-dunia,termasuk tetangga di dunia maya ranah internet.

Sebagai makhluk sosial kita tidak bisa hidup sendirian atau hanya hidup dengan satu komunitas saja.

Kita memerlukan berbagai keterlibatan dan bantuan dari semua orang.Sangat tidak mungkin seseorang yang meskipun dia kaya raya,pintar dan cerdas atau sangat kuat tubuhnya,tidak mungkin hidup tanpa bantuan orang lain.

Hidup ini adalah berbagi,saling memberi dan saling menerima.Termasuk kita tak akan bisa hidup jikalau tidak ada bantuan orang lain,pun orang lain mereka hidup ada bantuan dan keterlibatan kita juga.Semuanya berjalan secara langsung atau tidak langsung.

Akan halnya bertetangga,dalam Shahih Muslim 73-46 diterangkan bahwa :

Rasulullah SAW pernah bersabda :"Tidak akan masuk surga (selamat dan bahagia) bagi orang yang tetangganya tidak merasa aman dari gangguannya".

***
Mari melihat kita diri sendiri,apakah jika kita berada di tengah-tengah tetangga dan handai taulan,diri kita ini membawa kegembiraan,kesenangan dan ketentraman bagi mereka ?

Apakah diri kita membawa manfaat jika ada di tengah-tengah mereka ?,Apakah mereka menjadi tenang dan senang ketika diri kita hadir di tengah mereka ?

Apakah juga mereka menjadi sangat kehilangan ketika kita pergi dari mereka ? Jika mereka kehilangan ketika anda tidak berada di lingkungan mereka,jika mereka menjadi senang dan gembira saat diri anda hadir di tengah mereka,itu artinya diri anda bermanfaat.

Berarti tubuh anda berkah,bermanfaat,membawa manfaat bagi sesama,diri anda membawa berbagai kebaikan jika sedang berada di tengah orang lain.Dan itulah termasuk ciri-ciri insan berahlakul karimah,manusia berkahlak mulia,manusia sejati,manusia yang diri dan jiwanya banyak bermanfaat bagi keluarga,tetangga dan sesama.

Dan Insya Allah,orang-orang yang demikian akan dengan sendirinya selalu dirindui dan dicintai oleh masyarakat,masyarakat akan selalu kehilangan jika dirinya tidak berada di tengah-tengah mereka.

Diri-diri dan jasad yang berkah demikian akan selalu banyak didoakan kebaikan oleh masyarakat.

Bermanfaat bagi diri sendiri,keluarga dan tetangga serta masyarakat adalah ciri manusia berakhlak mulia.Hidup dan matinya insya Allah banyak yang simpati dan banyak yang berdoa keselamatan kepadanya.

Dalam hidupnya tidak akan menemui kesulitan yang berarti,tetapi akan selalu banyak jalan untuk menolongnya,terutama dari tetangga sekitar secara lahiriah dan hakikatnya pertolongan dari Allah SWT.Sebagai pahala surga dunia (kebaikan) bagi yang selalu menentramkan hidup di lingkungan tetangganya.

Akhlak mulia adalah segalanya untuk menjadi hidup selamat dan bahagia.Salah satu ciri akhlak mulia seseorang yaitu banyak bermanfaat dan selalu baik dengan tetangga-tetangganya.

Jasad dan jiwa yang berakhlak mulia menjadi penyejuk para tetangga dan keluarga jika beliau hadir di tengah-tengah mereka.

Sebaliknya,akan sangat tidak nyaman hidup jika dengan tetangga saja sudah tidak bisa bermanfaat, apalagi sampai bermusuhan dengan tetangga.Hidup demikian akan terasa dunia ini sempit.Dan tentu saja hidup macam demikian akan merugi tidak akan ternikmati.

Wallahualam.

Selamat malam.
Ilustrasi :.flickr.com/photos/aigle_dore/5626284045/sizes/m/in/photostream/

0 comments: