Senin, 15 Oktober 2012

Memilih Template Blog

Blog ketika muncul di awalnya sering disebut sebagai ajang narsis-nya seseorang.Yang untuk kemudian hari pada perkembangan berikutnya,blog atau web log menjadi ajang dan sarana informasi yang digunakan orang untuk berbagai bentuk share informasi lainnya.

Bentuk tampilan atau template untuk sebuah blogpun muncul berbagai macam,termasuk modelnya,ada yang dari template bawaan dari penyedia,atau membeli dan mendownload layanan penyedia template dan atau bagi teman blogger yang jago-jago membuat sendiri mungkin saja.

Perlukah tampilan template ? Tentu saja perlu ya gan.Karena tampilan sebuah blog akan memberi kesan pertama kepada pengunjung,apalagi kepada yang baru saja menemukan alamat blog kita.

***
Saya orang awam sekali di blogging,ketika pertama kali membuka akun blogger.com saya menggunakan template bawaan saja dari blogspot,memilih model Simple.Secara di template bawaan pun sudahlah cukup untuk membuat menarik pengunjung bisa membaca konten kita.

Namun setelah satu tahun berjalan,rasanya ingin memberi wajah baru pada blog ini,lantas sayapun mencoba mengutak-ngatik HTML templatenya,Karena saya sedang berada di tempat bekerja,jauh dari teman nyata di daratan hehe,maka saya banyak menggunakan guru-guru virtual saja.

Yaitu Googling.Melalui kata-kata kunci tutorial blog dan browsing terus mencari cara dengan ke-awaman saya.

Mungkin bagi anda yang setia dari dulu selalu singgah di sini,sangat tahu bahwa sesekali lapak ini awut-awutan hehe,berantakan karena saya salah memasukan kode atau salah mengedit kode-kode yang didapat dari teman blogger senior di tutorial blog.

Meskipun ini adalah sebuah blog pribadi,namun saya secara pribadi menginginkan tampilan ala atau model "news",template ala portal berita.Yaitu yang ada kolom slide show image dan seperti HL (Head Line) di portal-portal berita.

Cari mencari ,lalu mendapat template dari free blogger template yang ini.Lalu saya modifikasi ukuran font hurup-hurupnya,warna dasar dan sebagainya,bahkan saya menghilangkan fitur yang dirasa krang efektif muncul ganda dengan fungsi yang sama.

Konon kata para guru virtual saya tentang template blog,mengefektifkan tampilan blog dengan hanya menampilkan yang penting saja,bisa mempengaruhi pembaca juga,yaitu sedikit mempercepat proses loading ketika pembaca masuk ke blog kita.

Adapun di blog ini,anda meihat ada slide show yang aslinya kalau di portal berita itu wadah untuk tulisan yang sedang HL,Head Line di portal on line.

Lalu kenapa saya memakainya,padahal ini hanyalah blog pribadi ? yang onlinenya kadang-kadang tidak on terus.

Sekali lagi ya untuk menarik saja gan,mudah-mudahan menambah kesan hidup saja bagi yang sedang berkunjung,dan saya isi dengan postingan "pilihan' bukan Head Line karena blog ini bukan portal berita.

Dan bagi saya sebagai pengelola blog,dan terus terang saja bagi saya nge-blogging adalah salah satu kegiatan self therapy bagi diri sendiri.Yakni ada kseibukan yang bisa saya lakukan ketika beres dari pekerjaan utama.

Membuat postingan,mencari bahan,mengedit tulisan lama,mencari bahan,mengedit dan mengisi slide show potingan pilihan dan kegiatan lainnya,cukup memakan waktu sepi saya yang jauh dari keluarga di tanah air.

Dan pikiran menjadi tidak ngelayap kemana-mana ketika asyik blogging di sini.

Jadi mohon maaf jika anda pembaca terganggu dengan tampilan slide show seperti di web site portal berita semacam HL,yang saya tampilkan di blog ini

Template atau tampilan blog kita bisa menentukan juga apakah betah atau tidaknya para pengunjung di blog,terutama jika loadingnya tidak terlalu berat,terus navigasi dari posting ke posting yang lainnya memudahkan pengunjung menyelam lebih dalam ke daleman blog,maka akan disukai oleh pengunjung kita.

Yang tentu saja konten tetaplah raja dalam membuat pengunjung untuk selalu ketagihan berkunjung ke blog kita.

Waduh mohon maaf gan,bukan sok tahu nih hehe,hanya menulis pengalaman saja.

Terima kasih telah membaca.

0 comments: