Sabtu, 04 Agustus 2012

Inilah 10 Sifat Orang Jepang Yang Membuatnya Maju dan Hebat

Muhammad Fadli Atjo di blognya,fadlyatjo.wordpress.com, berbagi informasi tentang 10 buah sifat orang Jepang yang menjadi salah satu penyebab negara ini menjadi Raksasa Asia dan dihormati serta diakui kehebatannya di dunia.

Berikut kutipan ringkasnya ,10 sifat penyebab Jepang hebat dan maju:

  1. Sifat Pekerja keras,bekerja keras
  2. Malu jika tidak berhasil
  3. Hidup hemat
  4. Loyalitas yang baik
  5. Inovasi
  6. Pantang menyerah,tangguh
  7. Budaya gemar membaca
  8. Kerjasama kelompok atau team yang baik
  9. Mandiri,jiwa dan kepribadian mandiri
  10. Menjaga dan menghormati tradisi 
(sumber:fadlyatjo.wordpress.com)
***
Demikian salah satu sebab mengapa negara dan bangsa Jepang menjadi maju dan hebat dengan kesejahteraan yang baik bagi semua rakyat dan bangsanya.

Tentu saja sifat-sifat yang di atas tersebut telah ada dan sebenarnya sudah dimiliki oleh bangsa kita,namun di Jepang sana hampir semua litas sektoralnya,semua bersinambung dengan baik.

Terutama sistem dan budaya yang mendukung untuk lebih berkembangnya sifat-sifat tersebut,sehingga terjadi sinergi yang baik di kenyataan sehari-harinya,atau di kenyataan praktek sehari-hari.

Bangsa Indonesia juga sebenarnya akan lebih maju dan lebih baik dari Jepang,bayangkan dengan berbagai potensi kemajuan dengan sukungan berbagai sumber daya yang tersedia,Indonesia berpeluang lebih hebat dari Jepang,sebut saja misalnya SDM yang sudah hampir mencapai angka 250 juta orang penduduk,Sumber Daya Alam yang melimpah,sifat-sifat dan kebiasaan luhur nenek moyang dan warganya yang baik-baik sejak dahulu dan sebagainya,adalah sebuah modal yang tidak ternilai sebenarnya.

Tinggal kita mempunyai sebuah pemrintahan dan sistem yang pro rakyat,sistem yang bersih,pemerintahan yang bersih dan berwibawa,serta semangat persatuan dan kesatuan yang erat dengan tujuan bersama yaitu mencapai tingkat kesejahteraan yang baik dan merata.

Bersihkan koruptor,perbaiki semua sistem yang jelek,tingkatkan pendidikan,tegakkan hukum dan sebagainya,niscaya negara kita akan menjadi negara yang maju dan sejahtera rakyatnya.Semoga.

***

Pembaca yang budiman,minggu-minggu ini blog Bernada akan menghadirkan tulisan tentang semangat dan berbagai inspiarsi dari Jepang,dengan harapan semoga kita bisa berbagi informasi dan mengambil hikmah serta inspirasinya untuk membereskan diri sendiri dan keluarga ata untuk juga bisa bagikan dengan sesama anak bangsa.

Saya haturkan terima kasih dan permisi kepada semua teman yang saya jadikan referensi tulisan-tulisan dan karyanya,baik yang saya simak da baca melalui media online ataupun dari berbagai bentuk sumber lainnya.

Salam berbagi informasi,kita semua tahu Jepang juga bukanlah selalu sebagai bangsa atau negara penemu pertama atau (original) tetapi mereka negara dan bangsa bersemangat inovasi,sehingga penemuan-penemuan original bangsa atau orang lain lebih bermanfaat dan berdaya guna dengan inovasi mereka,mereka berinovasi dengan tetap mengakui dan menghormati para penemu dan pencipta pertamanya.

***
Jadi ,tidak haruslah keukeuh untuk menjadi seorang penemu original,jadilah tukang inovasi,Jepang pun bisa hebat dan maju karena mereka cerdik berinovasi.

Salam semangat.
(Aang Wiero Dj)

1 comments: