Kamis, 09 Agustus 2012

Waspada,Perampok Jambret Bersepeda Motor

Oleh : Aang WD

Kebanyakan sasaran korban utamanya adalah pengendara sepeda motor wanita,karena mungkin dianggap wanita lebih lemah dibanding pria,tetapi berita hari ini yang saya baca seorang penjambret dilumpuhkan oleh dua orang wanita yang semula menjadi sasaran kejahatannya.Seperti berita yang dimuat kompas.com hari ini.

Bagi rekan wanita yang dalam kegiatan sehari-harinya selalu menggunakan sepeda motor,waspada dan hati-hati selalu,antisipasi sebelum kejahatan terjadi misalnya dengan cara sbb :

1.Hindari melalui jalur jalan sepi yang panjang,hindari menapaki lorong-lorong atau gang yang sepi.

2.Usahakan selalu berboncengan dengan teman,anak,atau anggota keluarga.

3,Jangan memakai perhiasan yang mencolok.

4.Jangan sambil menenteng tas di pinggang,lebih aman pakailh tas model ransel dengan mengenakannya dibalik,isi tas di bagian dada kita.

5.Berpakaianlah yang tidak ribet,misalnya pakai celana panjang atau model yang gesit dan tidak ribet.

6.Sebaiknya hindari bersepeda motor untuk jarak jauh dengan mengendarai sendirian.

7.Jangan dihiraukan jika ada orang mencurigakan misalnya ikut menumpang ke depan jalur yang akan kita lalui walaupun berjenis kelamin wanita.Karena bisa saja mereka anggota komplotan perampok.Kecuali kalu yang kita kenal betul.

8.Cari tahulah posisi kita,dan dimana posisi sepanjang jalur rutin kita lokasi kantor polisi atau pos jaga yang sekiranya bisa diminta pertolongan ketika di sekitar lokasi ada hal yang mencurigakan.

9.Kalau sudah merasakan ada yang menguntit dan mencurigakan,cobalah anda berpura-pura belok ke arah kantor polisi atau ke kantor keamanan terdekat.

10.Waspada terus dan sebisa mungkin hindari perjalanan pada malam hari sendirian.

11.Jika motor mogok atau kempes ban,jangan ditinggal motor tanpa ada yang menunggu,kontaklah saudara anda untuk menjemput ke lokasi atau suami untuk menemani anda di tambal ban apalagi kalau terjadi malam hari.

12.Bagi yang muslim,jangan lupa selalu baca Basmallah setiap waktu berangkat dengan bersepeda motor.

Salam.Selamat pagi.

0 comments: