Jumat, 17 Agustus 2012

Minum Obat Harus dengan Istirahat

Untuk mengobati gejala penyakit ringan sepeti gejala flu,filek dan influennza serta berbagai penyakit ringan lainnya,nyeri otot dan pegal-pegal kadang kita suka mengobati menjadi "dokter sendiri",meskipun sebenarnya berbahaya mendiagnosis penyakit sendiri dan hanya dikira-kira menurut pengalaman saja,tetapi cara begini hampir dilakukan oleh semua kalangan dan semua orang.

Bila terkena bersin-bersin dan demam sedikit panas suhu tubuh,saya sendiri suka membeli obat-obat yang dijual bebas sebagai pereda nyeri dan pereda gejala flu misalnya.

Pengalaman dengan ini bahwa jika kita terpaksa mengobati sendiri karena merasa penyakit masih ringan,alangkah baiknya "therapi' yang kita jalankan itu disertai pula dengan istirahat yang cukup serta memperhatikan dosis minumnya yang benar.

1.Perhatikan dosis minumnya,apakah sesudah atau sebelum makan,berapa kali dalam satu hari dan beberapa jenis obat bebas banyak yang memperingati jangan menggunakan sejumlah dosis tertentu dalam beberapa jam.Harus diperhatikan jika tidak mau tubuh kita menjadi "over dosis' keracunan obat dan tentu saja akibatnya akan tidak baik.

2.Sertai dengan masa istirahat yang cukup,pengalaman saya membuktikan kalau kita minum obat tidak beraturan dan tidak sesuai dosis lalu tidak dengan disertai masa istirahat yang cukup,usaha kita akan sia-sia akhirnya.

3.Hindari minum obat dengan selain meminumnya dengan air putih,air yang netral tidak mengandung cairan dan campuran bahan kimia atau bahan lainnya.Air putih masak atau matang atau air mineral.

4.Perhatikan juga larangan memakan atau mengkonsumsi minuman tertentu,misalnya jangan makan yang pedas-pedas,jangan minum minuman bersoda,jangan minum air dingin,dan seribu hal jangan lainnya.Pantangan tersebut ada karena sudah terbukti semakin memperparah penyakit kita,jadi jangan sepelekan mematuhi larangan dan pantangan.

5.Sebaiknya jangan menjadi dokter sendiri deh,konsultasi dengan dokter adalah jalan terbaik untuk mengobati badan kita.

Salam.


0 comments: