Kamis, 02 Agustus 2012

Menabung,Cara Aman Mendapatkan Modal Sehat

Dalam bermacam cara mendapatkan modal awal membuka usaha kecil yang teraman dan sehat menurut pengalaman adalah dengan cara sabar menabung,tekun mengumpulkan satu sen dua sen ketika kita sedang bepenghasilan sebagai karyawan atau sedang berpenghasilan tidak menentu atau sedang punya usaha tetapi mau membuka usaha baru.

Tentu saja memakai teknis dan cara yang baik dan benar,ada target,ada jangka waktu,dan ada aturan main tersendiri terutama dalam target dan jumlah modal yang dibutuhkan masing-masing pribadi,setelah disesuaikan dengan kondisi keuangan kita sebagai orang yang sedang mau merintis berniat membuka usaha atau mau membuka jenis usaha baru.

Teknis dan cara praktisnya menabung pasti pembaca sudah tahu,yang saya maksud di tulisan ini yaitu cara mendapat modal dengan "menabung" adalah cara ter-aman dan ter-sehat ketika kita mendapatkan modal awal saat untuk memulai buka usaha,baik usaha perdana maupun untuk membuka usaha tambahan dari perusahaan yang sudah anda miliki sekarang.

Tung Desem Waringin dalam artikel tentang cara mendapatkan modal awal, menempatkan cara "menabung" di urutan pertama dari sebanyak 11 poin sarannya cara mendapatkan modal.

Dari 11 saran TD Waringin untuk cara mendapatkan modal tersebut,10 buah adalah termasuk jenis "HUTANG" atau cara menghutang,dan seperti biasa bagi kalangan yang ingin bisnisnya aman dan sehat dari awal tentu mendapatkan modal dengan cara hutang atau berhutang akan dihindari.

Berikut kutipan 11 cara mendapatkan Modal menurut Tung Desem Waringin di artikel beliau dalam detikFinance,linknya bisa anda klik di bawah ini.

Sebagai perbandingan bahwa yang paling aman adalah "Rajinlah Menabung " hasil tabungannya nanti bukan milik orang lain,bukan status hutang tetapi milik sendiri,kalau nanti mendapat untung keuntungan akan masuk ke kocek sendiri,tidak ada beban bunga pinjaman atau beban investor setiap bulannya,tidak akan terganggu oleh tagihan-tagihan yang merusak ketentraman usaha anda,karena berawal dari modal sendiri,milik sendiri hasil dari kesabaran dan keuletan menabung.

Berikut kutipannya 11 cara mendapatkan modal menurut pendapat Tung Desem W, di detikFinance (30/0712):

1.Menabung 


2.Berhutang kepada IMF (Ibu ,Mertua atau Famili)
3. Berhutang kepada teman


Jika Anda diberikan pinjaman oleh teman Anda dengan jumlah uang yang lebih besar dari yang Anda pinjam, Anda bisa melakukan cicilan untuk membayar uang yang dipinjam.

4. Berhutang kepada Bank 


Jika Anda berhutang kepada Bank, Anda harus membayar tepat waktu. Jika Anda tidak bisa bayar, Anda akan diblacklist dan sulit untuk berhutang ke bank-bank lainnya. Karena hutang Anda sudah tercatat di Bank Indonesia.

5. Private Investor
Anda beli diawal dan menjadi private investor dengan membangun investor juga.

6. Modal Ventura
Suatu bisnis yang sudah terlihat bahwa bisnis itu akan berkembang pesat sehingga di beri modal dengan bagi hasil jika sudah mendapatkan keuntungan.

7. Jual Saham
Anda juga bisa menjual saham dengan vuture Value. 

8. Jual Franchise
Jika Anda sudah memiliki tambahan modal, Anda bisa mengembangkan dengan lebih besar. 

9. Jual Ide
Meskipun Anda tidak mempunyai modal, Anda bisa menjual ide Anda jika Anda memang memiliki ide yang sangat cemerlang.

10. Partnership
Jika memang sudah join dalam berpartner, maka proyek diatas namakan milik berdua. Sehingga terjalin kerjasama yang erat dalam suatu proyek.

11. Berhutang kepada Supplier
Anda juga dapat meminjam kepada supplier Anda, jika memang ada. Jika tidak alda, jangan memaksa untuk harus ada.

****

Dari sebelas cara yang disarankan TDW semuanya benar dan masuk di akal serta bisa kita lakukan,itu terserah prinsip masing-masing.

Tetapi bagi usaha kecil yang mau sehat sejak awal,mulailah dari menabung,hehe ya ini termasuk saran kepada diri sendiri saja gan..!

Semoga bermanfaat,terima kasih telah membaca,terima kasih Pak TDW,terima kasih finance.detik.com dan salam semangat bagi rekan pembaca semua.


(Aang WD)

Sumber :di sini

2 comments:

bermangfaaat sekali
thanks
salam moona :D

makasih juga neng..maaf balasnya telat..