Kamis, 23 Agustus 2012

Kenapa UKM di Saudi Maju dan Jarang Bangkrut ?

Unit Usaha Kecil dan Menengah di Saudi Arabia dari berbagai bidang dan jenis mereka dalam operasi usahanya cenderung selalu ber-untung dan tidak mudah bangkrut.Hal ini disamping berbeda kultur dan budaya juga terdapat hal-hal sebagai berikut yang bisa kita ambil manfaatnya,ditulis sesuai pengalaman penulis:

1.Bahan Bakar Murah yaitu harga bensin hanya berkisar 0,45 halala atau setengah riyal per satu liter,untuk perjalanan pengangkutan barang sejauh 10 km hanya dibutuhkan bensin rata-rata satu liter artinya hanya mengeluarkan uang bensin setengah riyal per 10 kilometer perjalanan.(bisa tertutup oleh keuntungan satu kaleng Pepsi cola-contoh Red).

2. Jarang dan bisa disebut tidak ada pungutan liar baik dari oknum polisi atau dari preman-preman jalanan dan bebas uang parkir di segala tempat pada umumnya.Kecuali kalau melanggar aturan lalu lintas inipun dendanya pasti dan masuk ke negara,denda resmi dibayar ke Bank tertentu.

3.Hampir semua pegawai atau buruh dan kuli mereka jujur tidak pernah maling atau mencuri barang dagangan,karena penegakan hukum dan sangsi bagi pelaku kejahatan terutama kepada orang asing sangat tegas dan tidak bisa dipermainkan dengan uang.(kebanyakan buruh asal luar negeri,pendatang).

4.Segala jenis bentuk perijinan sangat jelas dan jarang ada pungutan liar tambahan lainnya bagi pengusaha yang sedang mengurus perijianannya.

5.Budaya jujur masih ada dan banyak,walau memang kadang adapula yang culas dan lacur tetapi pada umunya partner bisnis jarang yang selingkuh dan khianat di perjalanan bisnisnya.

6.Secara umum tingkat keamanan lingkungan masih baik dan kondusif jadi pengusaha tidak terlalu banyak merugi dengan kehilangan barang atau aset-asetnya.

7.Kondisi jalanan dan transportasi yang baik dan lancar,menghemat energi,BBM,waktu dan hemat cuku cadang dalam transportasi,tidak banyak jalan yang rusak dan tidak terlalu macet sehingga ketepatan dan keefisienan waktu bisa tercapai sesuai jadwal,jarang ada jadwal pengiriman dan pengangkutan yang molor jadwalnya karena hambatan di jalan.

8,Tidak ada polisi korek api di setiap perempatan jalan raya.Jarang ada calo-calo di setiap kantor perijinan dan kantor lainnya,mengurus dokumen dan surat-surat berlangsung normal.meskipun ada satu dua oknum tetapi pada umumnya masih lebih baik dan jarang terjadi karena jika ketahuan bisa dihukum dua pihaknya.

9.Segala aturan dan peraturan pemerintah jelas dan ditegakan dengan baik oleh semua pihak,tidak ada standar ganda dalam melaksanakannya,termasuk peraturan lintas sektoral bagi para pengusaha,baik kecil maupun besar,peraturan ditegakan dengan baik dan lurus serta benar dengan sangsi dan akibat pelanggaran yang tegas dan tidak bisa dipermainkan.

Jadi efek jera dan ketaatan pengusaha kepada hukum sangat baik,karena ketegasan dan tidak berstandar ganda dalam penegakkannya.(ini berlaku pada umumnya,tidak berlaku bagi yang memegang hak-hak istimewa sesuai kultur di sini,KSA).

Disamping itu masih banyak yang tidak bisa ditulis di sini,ini hanya sebagian saja,dimana para pengusaha kecil yang bergerak di sektor usaha kecil mereka masih bisa meraup laba dan untung dari kegiatan segala usahanya.

0 comments: