Kamis, 14 Februari 2013

Niatnya Bercanda,Bisa Berujung Maut !

Rasanya kita orang zaman ini pasti lah punya minimal satu macam kendaraan mah.Entah itu sepeda motor atau mobil bahkan Bus mungkin.Karens sudah dianggap hal biasa membawa kendaraan,sebagian dari kita sudah tidak memandang aneh lagi mamakainya setiap hari,bagai rasanya memakai sandal jepit saja.

Kebiasaan memakai kendaraan setiap hari dan sudah berlangsung lama oleh kita,secara tidak sadar kendaraan kita seolah sudah menyatu dengan jiwa kita.Jadilah mobil atau motor pegangan dan milik anda dirasakan seperti bagian dari kehidupan.

Suatu waktu banyak yang menjadikan kendaraan sebagai tempat "bercanda'.Misalnya sesekali membawa kendaraan zig-zag di jalanan,naik ke trotoar,balapan liar,bergaya lagak pembalap di jalanan kampung dan sebagainya.

Yang paling berbahaya adalah semisal contoh ada seorang warga di kampung saya zaman dulu bercanda dengan kendaraan mobil yang berujung berakibat maut.Ya,mereka mati konyol !

Ini kisahnya,sebut saja Tuan X ,punya mobil angkot,sehari-hari beliau ya nyopir angkot sendiri sudah tahunan.Tuan X punya teman sesama pemilik angkot juga namanya B.

Suatu waktu,Tuan X sedang melaju di jalan raya dengan mobilnya,disetir sendiri lalu di tengah perjalanan melihat sahabat karibnya tuan B sedang berjalan kaki di pinggir jalan.

Dengan niat mau mencandai teman dekatnya Tuan X bercanda seolah-olah ingin menabrak temannya B,lalu diarahkan dengan bercanda mobilnya ke arah teman B yang jalan kaki.

Apa yang terjadi....?

Menurut saksi mata,candaan Tuan X itu berakhir petaka,yaitu ketika mobil melaju ke Tuan B dengan maksud di awalnya bercanda,entahlah mungkin remnya mendadak blong atau Tuan X salah injak,perasaaannya nginjak pedal Rem malah menginjak pedal Gas.Yang jelas mereka tuan B ringsek tergilas mobil,tuan X mobilnya masuk jurang dan MATI !

Itu berasal dari hal kecil,bercanda dengan kendaraan.Naudzubillahmindzalik.Dan akhirnya mati konyol,mati sia-sia merugikan diri sendiri dan orang lain.

Hikmahnya,bercanda berlebihan apalagi memakai kendaraan mobil atau motor yang nota bene semuanya adalah bahan besi,bahan metal dan bahan padat,jika terjadi tabrakan rentan akan terjadi kecelakaan cacat tubuh,cacat kendaraan,cacat yang ditabraknya bahkan bisa berakhir dengan kematian.

Bercanda seolah-olah mau menabrak teman atau bercanda dengan senapan angin misalnya padahal hanya bercanda tetapi mendadak ketika ditembakan senapan malah ada pelurunya,bercanda dengan dua macam ini Kendaraan dan Senapan.lebih baik jangan pernah kita lakukan.Sangat berbahaya bagi nyawa kita dan orang lain.

Mari bercanda dengan hal-hal yang baik dan lebih cerdas.

Salam.

0 comments: