Minggu, 24 Februari 2013

Tindakan ketika Rem Blong Saat Mobil Sedang Berjalan

Sepanjang pengalaman saya,tentu beda dengan pengalaman Anda barangkali ? Postingan ini hanya berbagi pengalaman saja,sehubungan dengan banyak kecelakaan lantas yang disebabkan oleh Rem mendadak blong di perjalanan.

Tindakan pertama ketika rem tiba-tiba blong dikala mobil sedang berjalan bisa anda sikapi sebagai berikut :

1.Tenangkan dulu hati dan pikiran,jangan panik,berpikirlah mencari jalan yang lowong dan konsentrasi ke depan jalan.Untuk memungkinkan melempar mobil ke arah yang tidak menabrak orang atau bangunan yang terlalu berbahaya.

2.Coba injak-injak lagi perlahan dua atau lima kali pedal rem,dicoba barangkali ada sedikit sistem bekerja lagi.Jika sudah blong beneran maka injak saja sampai dasar pedalnya.Lalu iringi dengan menarik rem tangan perlahan.Sekali lagi,tarik REM TANGAN PERLAHAN disesuaikan dengan kondisi laju mobil,jangan terburu-buru.

3.Setahu saya,jika rem sudah blong maka sistem pergantian gigi persneling terutama di gigi manual apalagi jika sedang melaju cepat,maka akan susah untuk pindah gear ke gigi lebih rendah.Namun usahakan dengan tenang sambil kontrol menyetir melihat jalanan kosong,perlahan dan sedikit dipaksa jika darurat,PINDAHKAN GIGI ke posisi GEAR lebih rendah.Terus sampai ke gigi 1.

4.Jika sudah di gigi terendah,maka laju kendaraan sudah mending bisa dikendalikan,lihat ke depan jalan jika di depan ada lowongan jalanan dan terlihat datar atau menanjak,maka bersyukurlah tetap melaju saja sampai mobil berhenti di tanjakan depan jalan kita.

5.Jangan lupa REM TANGAN gunakan perlahan,untuk membantu mobil semakin pelan.

6.Jika semua langkah di atas sudah dilakukan namun masih rem blong,dan di depan mobil kita malah ada turunan yang curam,maka jika demikian carilah tebing yang masih tanah,perlahan benturkan saja mobil bagian sampingnya dulu,menyamping dan usahakan anda tetap mengontrol mobil agar menyeruduk tanah tebing dengan pinggir mobil anda.

Ya,apa boleh buat jika sudah di posisi nomor 6 seperti di atas,tidak ada jalan terbaik selain mencari tempat tebing atau tanah yang kosong dan diserudukka ke sana.

***

Semoga tidak terjadi pada diri kita semua hal demikian di atas,tetap berhati-hati dan selalau memelihara kelayakan jalan mobil kita dengan teratur sebelumnya,adalah jalan terbaik antisipasi sebelum terjadi.

Saya akan berbagi tips lagi tentang REM mobil di postingan berikutnya.Insya Allah.

0 comments: