Kamis, 21 Februari 2013

Waspada,Bahaya Digigit Anjing Edan!

Khewan Anjing dan Kucing adalah khewan yang diyakini oleh para ilmuwan sebagai khewan yang di-domestikasi ("dijinakkan") sejak puluhan ribu tahun Sebelum Masehi oleh manusia.Mungkin Anjing digunakan sebagai teman dan penjaga keamanan dari gangguan makhluk hidup lainnya,dan Kucing digunakan untuk mengusir Tikus di gudang-gudang makanan manusia zaman itu.

Dalam keseharian,Anjing dan Kucing termasuk khewan sudah "Jinak" suka dipelihara orang-orang yang menyukainya dengan berbagai alasan dan sebab.Tidak sedikit pula banyak Anjing dan Kucing liar yang hidup tidak dipelihara atau tidak menetap.Jangankan di pemukiman yang berdempetan seperti di Indonesia pada umumnya,di gurun Saudi saja yang jarang rumah penduduk banyak anjing-anjing liar di seputar sahara.

Bila di rumah anda kini sedang memelihara kedua khewan itu,harap berhati-hati! Karena menurut para ahli khewan,bahwa Anjing dan Kucing yang dipelihara di rumah-rumah dan keluarga,suatu waktu bisa terkena depresi dan stress bahkan menjadi khewan yang gila atau edan.

Mungkin kita pernah mendengar atau melihat Anjing Gila dan Kucing Gila.Sangat garang dan galak.Ketika kontak dengan manusia,mereka di saat penyakit gilanya sedang kambuh akan mencakar,menggigit dan menerkam bagian tubuh manusia.

Sangat berbahaya terutama di gigi anjing gila yang terkenal mempunyai virus penyakit anjing gila atau Rabies.Termasuk pada cakaran dan gigitan Kucing stress,jika tidak segera diatasi gigitannya di kulit atau badan manusia,berkemungkinan mengakibatkan infeksi yang berbahaya.

Jika anda sedang memelihara Kucing atau Anjing di rumah,untuk berjaga-jaga agar tidak menyesal di kemudian hari karena anak atau keluarga anda jadi korban gigitan mereka ketika stress atau gila,maka periksakan selalu ke dokter khewan atau dinas terkait untuk dikontrol kesehatan Anjing dan Kucing yang anda miliki.

Jika bertemu Anjing edan dan Kucing gila di jalanan,waspada dan jangan terpancing untuk lari ,karena jika anda lari malahan akan mengundang Anjing edannya mengejar dan mengigit anda !

Bersikaplah tenang namun waspada,sebisa mungkin anda cepat mengambil batu atau kayu untuk dijadikan pengusir agar mereka menjauh.Lebih baik bila segera ditangkap atau dilaporkan ke petugas dan dinas terkait di tempat anda untuk diamankan oleh mereka yang ahli dan bertugas untuk itu.

Hati-hati karena gigitan dari Anjing edan bisa membuat yang digigitnya ikut " edan' juga gan ! Ini pendapat orang tua saya dahulu,secara kesehatan mungkin kita akan kena penyakit Rabies atau penyakit berbahaya lainnya karena gigitan kedua khewan yang sedang gila atau edan itu.

Selamat malam.

0 comments: