Minggu, 24 Februari 2013

Memeriksa Sendiri Sistem REM Secara Berkala

Brake atau Rem.Ilustrasi : flickr.com

Pembaca,saya bukan ahlinya menyervis mobil,bukan montir atau ahli otomotif,namun sesuai pengalaman saja,saya berbagi sedikit pengalaman dengan ini.Bisa anda tambah untuk yang lebih tepat dari artikel di teman yang lain yang ahlinya tentu saja.

Pemeliharaan dan pemeriksaan sistem REM secara berkala dan teratur,jika mempunyai mobil adalah salah satu antisipasi kecelakaan yang paling penting.Misalnya tips berikut bisa anda lakukan dengan sendiri ketika memeriksa mobil Anda.

1.Periksa selalu minyak REM,jangan sampai kering atau habis.Atau jika kualitasnya sudah tidak baik dilihat dari kekentalan yang sudah encer,terlalu lama tidak ditambah atau diganti,pokoknya jangan sampi kehabisan cadangan minyak rem di tempatnya.

2.Jangan abaikan jika di garasi ada cairan oli atau bensin yang jika pagi-pagi ada menetes di bawah mobil.Bisa saja ada kebocoran di saluran-saluran selang kecil di sistem suplai minyak rem anda ke bagian roda Ban.Segera servis jika ada kebocoran apapun di mobil anda.

3.Periksa kanvas rem di roda.Biasanya jika kanvas rem sudah aus atau rusak,maka akan terdengar bunyi warning dengan suara gesekan metal di bagian roda atau ban yang kanvasnya sudah aus.Atau di mobil yang sudah memakai sistem elektronik maka akan ada peringatan di layar dashboard tentang kerusakan itu,jangan abaikan peringatannya.Segera servis !

4.Coba memeriksa sistem rem sendiri sehari-hari untuk berjaga-jaga sebelum dibawa ke bengkel mobil.Misalnya dengan cara berikut :

Mobil dalam keadaan mesin mati (off),injak pedal rem perlahan ! Jika sistem rem masih baik maka akan terasa ada tekanan di pedal dan pedal tidak melesak ke dalam.Serasa ada tekanan udara yang menekan pedal ketika diinjak dalam keadaan mesin mati.

Lalu,injak lagi pedal rem dalam keadaan mesin mati,lalu hidupkan mesin mobil gigi di posisi Normal,dan kaki tetap mengiinjak pedal REMnya perlahan rasakan perbedaan tekanan ketika mobil dihidupkan,jika kanvas atau sistem rem masih baik maka ketika mesin mobil dihidupkan maka pedal akan terasa menurun perlahan,tekanan sedikit kurang namun tidak sampai melesak ke pedalnya ke titik nol.

Jika sebaliknya,ketika mobil mesin mati diinjak pedal rem lalu melesak ke dalam apalagi sampai habis ke as-nya,itu artinya sistem rem mobil anda sudah rusak.Kemungkinan terjadi rem blong di jalan akan besar terjadi.

Saran saya,jika sudah demikian rusak REM dan sistem pengereman di mobil Anda,segera bawa ke montir atau bengkel terdekat.Jangan menyervis sendiri jika belum ahli.Sebab memperbaiki sistem rem harus dilakukan dengan sempurna,dengan memompa sisa udara yang kosong di selang-selang distribusi minyak rem semuanya.Dan itu perlu keahlian montir atau teknisi yang sudah terlatih.

Jika sudah diservis di bengkelpun,jangan langsung anda ngebut setelah memperbaiki rem di bengkel,tetapi coba dulu perlahan,karena jika masih ada ruang udara di selang-selang penyuplai minyak rem,meskipun kanvas baru dipasang oleh bengkel,kemungkinan pedal rem tidak berfungsi bisa saja terjadi.

Lakukan test drive,mengetest rem sesudah di bengkel beberapa kali dengan jalan dan mengerem perlahan-lahan.

5,Selalu dan selalu memelihara kesehatan mobil Anda,adalah jalan terbaik mengantisipasi kecelakaan lalu lintas.Semoga kita semua selamat selalu.Amin.

Terima kasih sudah membaca,dan tentu saja masih banyak informasi lainnya.Salam selamat pagi.

0 comments: