Jumat, 15 Februari 2013

Titik-titik Angker di Jalan Raya

Waspada titk-titik rawan di sepanjang jalan raya
(ilustrasi;flickr.com)
Melakukan perjalanan dengan kendaraan bermotor sangat rawan terjadi kecelakaan jika tidak selalu waspada dalam mengemudinya.Di tanah air sepanjang jalan raya ada banyak titik-titik rawan laka lantas (kecelakaan lalu lintas) yang dijuluki oleh umum dengan nama-nama yang serem.

Pengalaman penulis yang suka melakukan perjalanan selama di tanah air,bahwa hampir di semua daerah di tanah air akan ada titik-titk rawan tertentu yang sudah banyak memakan korban.Biasanya nama tempat itu dijuluki dengan nama-nama yang serem dan sesuai dengan tragedi pertama yang celaka bahkan sampai jadi korban di tempat itu.

Misalnya,Jembatan Hantu,belokan Nyi Emeh,jurang Maut Alas Roban,atau disesuaikan dengan nama tempat kampung di lokasi.

Anehnya,di titik-titik rawan tersebut bisa terjadi beberapa kali laka lantas yang berulang-ulang dengan lokasi yang sama.Beberapa yang suka percaya mitos dan hal-hal Ghaib biasanya langsung mengklaim bahwa di tempat itu ada penunggunya yang suka makan korban dan mitos serta cerita serem alam gaib lainnya.

Dari kacamata teknis dan ilmu teknik sipil misalnya,mungkin bisa dari bentuk fisik dan bangunan atau kontruksi yang kurang baik,atau kesalahan teknis pembuatan jalannya yang salah sehingga memungkinkan secara gerak kendaraan bisa membuat tabrakan atau kendaraan keluar jalur.

Banyak faktor misalnya,arah cahaya matahari yang menyilaukan,atau belokan yang sangat tajam,turunan atau tanjakan yang curam atau tanggung,bahkan sampai kontruksi kualitas bahan aspal yang kurang bermutu dan sebagainya.Itu dari kacamata teknik dan ilmu pengetahuan.

Tapi tidak jarang yang terjadi berulang-ulang kecelakaan di satu tempat yang sama bisa karena faktor sugestif si pengendara,alam bawah sadar seolah menuntun mengingat kembali peristiwa masa lalu yang terjadi di titik rawan itu.sehingga menimbulkan kepanikan saat lewat di tempat itu,karena panik atau ketakutan dan khawatir yang berlebihan maka bisa saja terjadi kecelakaan yang sama di tempat yang sama ketika melawatinya.Hanya karena si pengendara terlalu "trauma' dan ketakutan tanpa sadar.

Atau anda yang percaya feng shui,hong shui dan sejenisnya,mungkin saja di tempat itu terjadi komposisi benda-benda dan alam yang tidak harmonis.Misalnya,warna cat jembatannya yang buram,sudut siku-sikunya,tembok penyangga atau pembatas yang berbahaya, kurang tepat dan lain-lain.

Semuanya bisa diterima,semuanya mungkin saja,terserah pembaca yang percaya hal-hal ghaib dan mistis serta percaya roh-roh penghuni sebuah tempat ya monggo.Yang percaya hong shui atau feng shui-nya kurang harmonis silahkan,atau anda selalu memakai logika saja,bahwa teknis dan bentuk fisik pembangunan atau lokasinya yang menyebabkan semua itu dipersilahkan juga.

Namun yang penting bahwa ada titik-titik tertentu sepanjang perjalanan yang rawan kecelakaan,bahkan sudah sering terjadi dan banyak memakan korban di tempat yang sama,di belokan maut,tanjakan maut,jembatan maut,turunan maut bahkan di depan sebuah gedung yang datar sekalipun suka ada jalur-jalur maut dan berbahaya.

Kesemuanya,semoga menjadikan kita selalu waspada dalam setiap perjalanan memakai kendaraan bermotor.Siapkan kondisi lahir dan bathin yang baik,jangan lupa selalu mengemudi kendaraan yang masih layak jalan dan layak pakai.

Kecelakaan lalu lintas terbanyak adalah disebabkan oleh kelalaian si pengemudinya,selain juga suka terjadi karena kerusakan atau error di kendaraan karena kondisi lingkungan dan lokasi.

Waspada selalu,tertib dan tenang dalam mengemudi.Ingat Tuhan dan jangan mengemudi dalam keadaan mabuk minuman atau narkoba lainnya.

Ketika kita sedang mengendara kendaraan,sangat tipis jaraknya antara anda hidup dan mati.Maka waspada selalu sahabat semua ! Salam hangat.Maaf bukan menggurui tetapi hanya berbagi pengalaman saja.Terima kasih.

0 comments: