Selasa, 13 Maret 2012

Keringatnya itu lho...?

Keringat menurut istilah ilmiahnya adalah air yang dikeluarkan oleh kelenjar keringat di dalam tubuh makhluk mamalia...(hadeuh jadi ingat jaman SMP nih pelajaran Biologi).

Ada dua macam kelenjar keringat :
1.Kelenjar ekrim yaitu kelenjar mengeluarkan keringat yang fungsinya untuk menstabilkan suhu tubuh
2.Kelenjar apokrin yaitu kelenjar keringat yang mengeluarkan air keringat berlemak letaknya terutama di sekitar ketiak dan sekitar alat kelamin.

Kelenjar nomor dua inilah yang sering mengeluarkan aroma bau badan seseorang.apalagi kalau orangnya malas bersih-bersih dan jarang mandi.


Jikalau keringat ini keluar di daerah alat kelamin atau di ketiak kita,dan kita malas mandi dan terlambat membersihkan,maka dengan "sigapnya" sang bakteri membikin air keringat di ketiak dan sekitar alat kelamin  jadi bau.Itulah penyebab kasak-kusuk teman kita dengan sebutan si bau badan..ngeri kan..?.

Jangan terlalu mengandalkan keajaiban obat bau badan (OBB) deodorant,serbuk dan sebagainya,karena inti dari kesehatan badan adalah kebersihan.Walau serbuk OBB di tabur sekarung pun jika kebersihan sekitar alat kelamin dan ketek kotor maka bau badan tetap hinggap di tubuh.

Bau badan karena keringat kelenjar apokrin tersebut dapat menurunkan wibawa dan menjadikan imej anda di teman-teman,relasi atau orang sekitar anda jelek lho,kita dianggap orang jorok dan tak pandai merawat badan.Dengan sendirinya diri kita jadi populer sebagai si bau badan,kadang banyak yang langsung jijik dan mual jika dekat-dekat dengannya.

Merawat badan tak usahlah selalu pergi ke spa atau tempat treatmen yang mahal-mahal,kegiatan itu semua selain memboroskan uang anda,juga tak ada artinya jikalau kegiatan rutin membersihkan diri setiap saat diabaikan.

Cara murah sederhana dan tepat,bertindaklah cerdas,rajin dengan kebersihan tubuh dan kulit kita,misalnya rajin-rajinlah dengan kegiatan sebagai berikut :


Pertama,Selalu mandi yang benar dan teratur dengan bahan-bahan air,sabun dan peralatan yang bersih,pakailah sabun antibiotik seminggu sekali,balur ke seluruh badan dan bersihkan dengan air hingga bersih,beri perhatian khusus ketika mandi membersihkan daerah selangkangan dan ketek.

Kedua,kalau kita sibuk dengan mobilitas tinggi aktivitasnya,selalu bawa handuk kecil,untuk jaga-jaga dalam keadaan darurat keringatan sementara kegiatan tak bisa ditinggalkan,dan jikalau ada waktu senggang entah itu di tempat seminar,di mall atau di kantor atau di perjalanan sempatkanlah mandi.

Kebersihanlah apapun yang utama untuk menjaga kesehatan tubuh.Sehat modal utama tampil menarik,termasuk sehat kulit dan bebas dari bau badan.

Disarikan dari berbagai sumber.

0 comments: