Jumat, 09 Maret 2012

Situs Terancam Rusak dan Kotor


Situs Megalhitikum di Gunung Padang -Campaka Cianjur,Jawa Barat,perlu
pengelolaan dan perhatian semua pihak terkait (foto dari Cianjur Cyberciti.com)



Membaca berita lokal tentang situs megalit di Cianjur,sebuah situs jaman batu terdapat di sana,tepatnya di Gunung Padang kecamatan Campaka Kabupaten Cianjur,Jawa Barat.

Pemerintah dan LSM setempat baru-baru ini gencar mempublikasikan baik di media cetak maupun online mempromosikan situs itu,tentu saja tujuan dari promosi ini selain untuk lebih mengenalkan tentang budaya sejarah dan ilmu pengetahuan juga diharapkan sektor pariwisata setempat semakin menggeliat yang efeknya bisa bermanfaat secara lintas sektoral.

 Ada yang menarik untuk saya angkat opini disini,yaitu mereka gencar mempromosikan di berbagai media tujuan utama agar banyak pengunjung.

Hasilnya sangat signifikan sekarang (Pebruari 2012) jumlah pengunjung situs meningkat tajam,menurut pengelola disana setiap minggunya tidak kurang dari 1000 s. 2000 orang wisatawan datang ke sana.Beritanya bisa anda lihat klik disini.

Peningkatan jumlah pengunjung ternyata membawa dampak yang kurang baik bagi kelestarian dan keaslian serta keamanan benda-benda bersejarah di sana,karena supra dan inpra struktur di sana belum siap.

Pintu masuk utama misalnya,kita kalau berkunjung ke sana bebas saja mau masuk situs dari berbagai penjuru sesduah masuk di dalam juga pengunjung bebas-bebas saja memegang,melihat bahkan menduduki dan menginjak-injak benda-benda bersejarah itu yang kebanyakan berbentuk batu-batu tua.Bahkan menurut cianjurcybercity.com,banyak oknum pengunjung yang mencorat-coret benda-benda tersebut.

Berpromosi tetapi belum siap dengan segala tetek bengek urusan di sesuatu yang di promosikan memang suka terjadi di lingkungan kita,modal nekad dan kadang hanya iseng-iseng saja lalu setelah akibatnya muncul,ternyata di lapangan belum siap.

Yang dikhawatirkan semua pihak adalah akan rusaknya situs tersebut dan akan mengecewakan pengunjung yang baik,kemungkinan mereka yang datang terlambat hanya akan melihat situasi yang morat-marit,kotor,rusak dan sudah tidak asli lagi.

Sebaiknya segera pemerintah setempat mengantisipasi dan mengambil langkah-langkah yang segera,kongkrit dan tepat.Minimal upaya darurat segera di upayakan sebelum terjadi kerusakan lingkungan maupun kerusakan citra nama baik situs tersebut.

AWD/Riyadh.

0 comments: