Kamis, 15 Maret 2012

Kamis-Jumat Libur bagi Saudian,Sibuk buat TKI Sopir dan Khadamah

Saudi Arabia memakai kalender Hijriyah dalam menjadwal sebagian besar kegiatan publiknya,termasuk menetapkan hari libur setiap minggunya di hari Kamis dan Jumat.

Sekolah,kantor pemerintahan,dan kantor resmi swasta lainnya libur di hari Kamis dan Jumat,hari Kamis merupakan hari akhir pekan di Saudi.

Para warga Saudi menikmati masa liburan akhir pekannya  banyak yang di lakukan, seperti mengunjungi keluarga besarnya populer di sebut Ajumma atau Ajima artinnya berkumpul,meeting bersama keluarga besar marganya atau dengan kawan-kawan.Tidak jarang pula yang melakukan perjalanan ke luar kota atau malah ke luar negeri untuk wisata dua atau tiga hari selanjutnya.

Untuk para TKI rumah tangga pembantu dan sopir rumahan hari Kamis dan Jumat malah bertambah jam kerjanya bisa dimulai dari pagi hingga dinihari malah banyak yang sampai saat subuh tiba baru selesai dengan segala urusan liburan majikan.

Sebut saja para pembantu yang majikannya suka melakukan ajumma atau kumpulan keluarga di Rabu malam sampai Kamis malam,mereka mengisi acaranya dengan makan-makan dan minum bersama disertai ngobrol ngalor ngidul..termasuk tak jarang mereka ngegosip juga tentang pembantu atau sopir pribadinya hmm..baik kebaikan maupun keburukannya.(memang penulis pernah ngintip hayoo..?? ).

Nah disinilah pekerjaan jadi menumpuk,dari sejak persiapan ajumahan (kumpulan),terus ke saat H nya dan terakhir dengan beres-beres bekas meeting keluarga mereka.

Wow jangan salah gan..kumpulan di keluarga Saudi meskipun hanya sifatnya kumpulan rutin mingguan di marga mereka,tetapi konsumsi dan persiapan serta alat-alatnya hampir menyerupai acara hajatan nikah atau sunatan di keuarga menengah di negeri kita.

Makanan

Wah masalah makanan ini dimulai dari sajian Nasi kabsah (kapsah),nasi yang dimasak di satukan dengan daging kambing,domba atau unta dengan porsi kalau sebuah keluarga besar untuk lebih dari 50 orang.Nah kebayang kan repotnya PRT nanti beres-beresnya..?,eits belum selesai..masih banyak lho.

Tempat

Pada umumnya ajimahan ini bertempat di rumah Orang tua,di anak tertua atau malah bergilir di setiap anggota keluarga,kalau anggota keluarganya banyak,sampai nyewa kursi dan tenda segala gan.!,nah tambah lagi deh gugus tugas rekan pembantu ?.

Halawah makanan penutup atau makanan tambahan.

Biasanya terdiri dari makanan-makanan manis terbuat dari bahan coklat dan atau kue-kue pizza kecil atau besar dan sedang,mereka menyebutnya pataer (patairah).Kalau yang berbentuk permen-permen begitu dari coklat dan bahan manis lainnya mereka sebut helawah,halawah.Nah..piring dan bungkus-bungkusnya itu berserakan dimana-mana bekasnya,nah tambah lagi tugas pembantu juga kan ?.

Gahwa dan Teh manis serta Juice buah.

Minumannya paling tidak ada tiga macam di atas,Gahwa yaitu kopi khas arab yang masih berwarna keputihan (tidak gosong kayak kopi di kita biasanya) ditambah dengan rempah-rempah cengkih,jahe kapol dan linnya saya tak tahu banyak yang jelas tidak di tambah ramuan madura deh kalee..!.
Teh manis hampir selalu msekipun tehnya banyak yang teh instant saja,teh celup dan sebagainya.Juice (jus) buah disebut mereka Asir bahasa arabnya,ada yang asli di juss dadakan oleh pembantu atau dengan yang instant atau yang pesan jus dadakan dari restoran (mataam,b arab).

Ini semua bekas-bekasnya menjadi tugas khadamah (pembantu )kadang memanggil sopir juga untuk membantu membersihkan setelah acara selesai.

Bayangkan..!,tapi jangan terlalu berat deh ngebayanginnya..!,kerja pembantu dari sejak persiapan,saat pelaksanaan,dan terakhir finishing hehe..bisa super sibuk selama 2 kali 24 jam lho!.

Yang sopir pribadi di hari kamis dan jumat,agak mending sih tak sesuper sibuk PRT,namun para sopir rumahan banyak mengeluh dengan rasa jenuh yaitu harus menunggu ready terus di depan pintu gedung dengan pesawat HP mode on terus..wah hebat ya..haha?.

Apanya yang hebat menunggu bisa dari saat magrib sampai waktu subuh,jangan anda bayangkan seperti sitausi di tanah air,di Saudi sang sopir jangan pergi jauh-jauh selama majikan "pesta' di dalam gedung.Karena sewaktu-waktu majikan akan ada perlu buat keluar sebentar ke toko,ke anu lah ke ini lah dlsb,terus masih mending kalau cuaca musim dingin bisa tiduran di jok mobil coba kalau musim panas,wah kalau musim panas serba salah bagi rekan sopir Saudi ini,diam di tempat terbuka akan terasa panas seperti di dalam oven pengering kueh suhu 40 derajat celsius malah bisa lebih panas dari itu.  Duduk di dalam mobil juga gak nyaman panas dan gerah sekali, walaupun ada AC mobil tak mungkin mobil nyala terus selama di parkiran.

Itulah sebagian resiko sebuah kondisi,pekerjaan apapun,dimana pun dan bekerja pada siapapun selalu ada kekurangan dan kelebihan,pandai-pandai kitanya saja untuk menyikapi dan mempersiapkan diri mental dan fisik yang mendukung.

Selamat menikmati kondisi pekerjaan anda di semua jenis apapun,luruskan niat bahwa bekerja adalah jihad yaitu berjuang untuk mengisi hidup bermanfaat bagi diri,bagi keluarga bagi sebanyak makhluk dan terakhir niat beribadah mengabdi ke Tuhan YME sebagai tempat kita akan kembali di saat setelah kematian nanti.

penulis : Aang Wierodjampang.


0 comments: