Senin, 19 Maret 2012

Pusing,Jenuh,Tak Bisa Tidur dan Malas Makan ? Wah,Itu Gejala Stress gan !

Stress menurut wikipedia ialah beban jiwa rohani yang melebihi kemampuan jiwa itu sendiri.Gejalanya sering di sebut gangguan kejiwaan atau gangguan mental.

Gangguan mental ?,..deuh menakutkan sekali ya?,artinya jika sedang stress apalagi stressnya berkepanjangan bisa menimbulakn mental kita sakit,sakit mental artinya sakit jiwa dan sakit jiwa biasa disebut awam GILA.Naudubillahminzdalik.Meskipun penyakit gila itu bermacam pula tingkatannya,tapi yang jelas jika kita terserang stress segera antisipasi.Tentu tidak mau akhirnya kita menjadi gila.

Untuk mengantisipasi sesuatu harus dimulai dengan mengenal apa yang mau di antisipasinya kan..?,kali ini saya mencoba menulis tentang ini sesuai gaya saya,yang intisarinya saya ambil sebagai inspirasi dan sumber tulisan ini dari wikipedia.Inspirasi dari wiki tetapi tulisan ini asli original coretan saya,jadi maaf bila masih ada keliru-keliru dikit.

Dengan harapan semoga bermanfaat bagi saya sendiri dan bagi sekalian pembaca terhormat,meskipun sudah banyak tulisan tentang stress dengan tulisan ilmiah dan super hebat dari sekedar coretan saya ini,gak ada salahnya kalau kita menyimak lagi tentang ini.

Hwalah basa-basii..hehe..!..ya basa-basi ini harus aku tulis,karena saya menulis hakikatnya untuk mengingatkan diri sendiri saja,kalau ada manfaat buat pembaca ya syukur,toh saya juga hasil dari membaca karya orang lain pula.Rantai berantai ilmu pengetahuan itu.

Mengambil inspirasi dan sebagai referensi dengan jantan memberitahu "siapa guru kita'' asal sumber ide dan karya kita itu perbuatan yang dapat mengurangi stress juga.Apa adanya lebih tenang enak dan nyaman.Kita bisa bicara saja hasil meniru dan belajar dari orang lain kan..? dan sterusnya-dan seterusnya.

..ups mukaddimahnya kepanjangan hehe..

Lebih lanjut ditulis wikipedia bahwa stress ada dua jenis,stress yang baik dan stress yang buruk,stress yang baik hubungannya dengan prinsip si manusianya,bagi yang positif tinkingnya kelas super duper bagus menganggap stress adalah Tantangan,yaitu dimana stress di pandang sebagai Tekanan yang sehat untuk di tantang sebagai penyemangat mencapai tujuan kesuksesan tertentu.Tetapi ini perlu bahasan khusus gan.

Bicara tentang itu lain lagi deh di lain waktu saja,nanti kepanjangan malah semakin rumit dan tak bisa mencerna,maksudnya penulis semakin ngawur nulisnya hehe.

Tertarik kita bicara tentang Stress yang mengakibatkan penyakit dan hal-hal jelek lainnya,supaya kita bisa men-chek up diri kita sendiri,apakah kita sudah terserang gejala stress ini atau belum ?, atau sudah kena,tapi secara sadar belum terasa dan belum menyadari bahwa kita sedang dilanda stress.

Lantas kalau sudah tahu kita lagi stress,tentu kita mau hidup dengan rohani dan jasmani kita sehat dan normal toh..?,kita coba juga tulis tentang dasar-dasar mengobati stress secara sederhana dan dapat dilakukan saat ini pula dengan tekad dan terus mencoba-mencoba dan belajar mengendalikan si stress ini.

Secara umum penyebab stress diantaranya ialah faktor lingkungan yang buruk dan jelek baik lingkungan secara psykologis maupun lingkungan fisik materi,misalnya tentang harga-harga sembako yang terus mahal,biaya hidup semakin tinggi,keadaan perang,keadaan tidak aman,tempat tinggal di lingkungan yang kumuh dan kotor,situasi dengan tetangga yang tidak nyaman,tekanan moral tertentu dlsb.

Kedua, adalah faktor pribadi,sebut saja tentang perceraian,status terkatung-katung janda bukan isteri orang juga bukan,suami bukan duda bukan,diputuskan pacar,anak-anak nakal dan badung,isteri atau suami selingkuh,kurang ajar,kemiskinan yang berlarut-larut,kebangkrutan usaha,kejenuhan di tempat kerja,situasi ekonomi keluarga yang minus dan krisis terus dll.

Dan yang paling banyak penyebab stress secara pribadi adalah berkeinginan terlalu tinggi dan terlalu ambisius tidak syukur nikmat,sombong dan iri dengki.Perhatikan kata "terlalu",hal apapun kalau berlebihan dan terlalu akan berakibat jelek ke tubuh dan perkembangan diri kita,akan berakibat buruk terhadap diri selanjutnya.Jadi bereskan lagi hati dan niat baik kita,bersihkan terus kalbu.

Akibat-akibat stress yang muncul bila stress telah melekat di tubuh seseorang bisa terjadi gejala seperti ini :

-Sulit Tidur,susah makan,makan tidak berselera,banyak melamun,pusing-pusing terus,sakit kepala,sesak nafas,tarikan nafas tidak teratur,jantung berdebar-debar,keringat dingin terus keluar,gampang jengkel,tekanan darah naik,jadi pemarah,wajah selalu tegang,hati selalu cemas,peragu,ragu-ragu,bimbang,tidak konsntrasi,hati mudah iri dengki,selalu menyalahkan orang lain bila ada masalah,takut kepada hal yang tidak jelas,gampang putus asa,mual-mual,panyakit mag,kurang atau kelebihan asam lambung dll.

Gejala-gejala diatas hanya gejala pokok,termasuk masih banyak yang lainnya tentu saja semua hal tersebut berbahaya bagi kesehatan dan mengancam umur kita,bila terus menerus gejala tersebut tidak sembuh ,maka akan berakhir ke hal yang paling parah dapat menderita serangan jantung dan segera mematikan jasad kita.Secara teori medisnya demikianlah paling tidak.

Atau kematian belum menjemput,tetapi seseorang penderita stress berkepanjangan berpeluang menjadi orang gila,baik gila sebagaimana kita lihat seperti orang gila di jalanan atau orang gila yang tidak kelihatan tetapi sebenarnya otak dan jiwanya sudah tidak waras tetapi tersembunyi di balik jasadnya yang masih kelihatan sehat.

                                                                               ****
Hindari stress dengan Iman dan Taqwa serta bergaya hidup sehat.
Mendengar Iman dan Taqwa..? hadeuh klasik banget dan konvensional,kuno..! tetapi yaitulah segala yang modern hanya menambah perkembangan teori ilmu pengetahuan dan teknologi serta membawa ke sebuah peradaban yang paling tinggi.Padahal hal-hal yang baik seolah terselip di antara tumpukan kenajuan jaman ini.


Seperti hal-hal yang basic,mendasar dan kadang terdengar klasik dan kuno,justeru itu adalah obat yang terlupa di kala perkembangan IPTEK dan peradaban melesat jauh berkembang dengan sangat pesat detik perdetik.

Iman dan ketaqwaan saya rasa pengertian iman dan taqwa ini semua pembaca pasti tahu,intinya yaitu melaksanakan semua perintah Tuhan dan menjauhi semua larangan Tuhan.Itu saja.

Hal-hal kongkritnya di kehiduan sehari-hari biasakanlah bergaya hidup sehat,banyak berolahraga,hirup oksigen sebanyak-bayaknya dan kelolalah stress dengan baik.
Berusahalah santai dan enjoy ketika mendapat masalah,segera selesaikan dengan bertahap,pakailah sekala prioritas mengatasi masalah,mulai dari hal terkecil,mulai saat ini dan mulailah merubah dari diri sendiri (prinsip 3A nya-MQ).

Pandai-pandailan mengendalikan diri jika terjadi musibah atau dilanda masalah,toh orang lain tak akan bisa membantu apapun terhadap masalah rohani diri kita,hanya kita sendiri yang tahu obat stress diri pribadi.Hanya kita sendiri yang tahu ,apa dan bagaimana mengobati hati dan rokhani kita ini.

"Hanya diri kita sendiri yang paling tahu,obat hati dan penyakit rokhani kita dengan tepat".

Hidup cerdas menerima segala resiko dan kenyataan hidup baik dan buruk ,hitam dan putih atau malah hidup yang berwarna-warni kita pandai menyikapinya.

Usaha selalu dan serahkan setelah maksimal berusaha,takdirnya ke Tuhan.

artikel persembahan : Aang Woerodjampang.

0 comments: