Rabu, 14 Maret 2012

Dan Musim pun Terus Berganti

Foto Koleksi Aang WD

Yang membuat kurang suka di
musim panas di Saudi,ketika AC kamar harus terus menyala dengan pendinginnya,hadeuh terasa telinga berdengung terus dan budeg.


_______________________________________

Hari ini Riyadh KSA sudah mulai panas,saatnya pergantian awal musim panas segera datang.Sekitar enam bulan ke depan musim panas akan terus berlangsung di jazirah arab khususnya di Saudi Arabia.

Bagi TKI yang bekerja di sini musim panas yang paling pusing ketika berada di puncak-puncaknya musim panas sekitar bulan Juni-Juli suhu bisa mencapai lebih dari 45 derajat Celsius.

Mulai sekarang siapkan stamina dengan banyak olahraga,makan teratur dan jangan kekurangan vitamin.Periksa juga instalasi AC pendingin di kamar kita,mungkin freonnya sudah habis atau komponen lainnya ada yang rusak.

Siapkan pula krim-krim (cream) pelembab kulit semacam vaseline,nivea dan sejenisnya termasuk kacamata sunglass untuk melindungi mata dari teriknya matahari musim panas.Minum vitamin C setiap hari minimal 250 mg,serta banyak-banyaklah minum air putih atau jus buah.


Foto Koleksi Aang WD
Saya sendiri kurang menyukai situasi musim panas,karena panas yang menyengat membuat badan gerah sepanjang waktu,belum kalau mau aktivitas lainnya bila mau nyetir mobil harus sabar dulu menunggu AC pendingin berjalan,setir harus di lap dulu kalau mau jalan karena kalau tak di lap itu setir mobil panas bagai setrikaan yang siap pakai.

Termasuk keringat yang akan terus mengucur sepanjang perjalanan,sepanjang aktivitas malah di tempat tidurpun mejadi tak nyaman,ditambah harus terus menggunakan AC yang suara berisik kipasnya itu membuat telinga seolah berdengung-dengung seperti budeg.

Tetapi siapa bisa mengelak dari "hukum alam " yang satu ini,pergantian musim toh harus berganti,dan ini sebuah kenyataan alam,mau tidak mau terpaksa harus mau.Menerima dengan lapang lalu kita "berkreasi" menyikapinya dengan bijak dengan memodifikasi gaya hidup kita agar tetap nyaman di musim apapun.

Sebenarnya inilah seninya hidup,bisa beradaptasi terhadap alam,kreatif menyikapi semua bentuk perubahan alam sekitar secara fisik maupun secara non fisik termasuk mengatasi dan menyikapi segala bentuk perubahan "masalah hidup" lainnya.

Selamat bersikap bijak,menghadapai situasi apapun di depan kita.

Penulis:A.Wierodjampang

0 comments: