Selasa, 20 Maret 2012

OKB Orang Kaya Baru


Ilustrasi/shutterstock
Untuk yang sudah super kaya raya tentu tak akan bimbang dengan masa depan,ketika sudah tua renta tak berdaya tak bisa bekerja keras lagi atau tak bisa berkarya apapun.Karena super kaya tentu tak akan habis hartanya sampai ketujuh turunan walaupun keturunannya mau badung,mau enggak bener,mau bodoh,mau bloon bahkan tidak sekolah tinggi pun tak mengapa,sebab apa ?,ya sebab kaya raya,hartanya terlalu banyak.

Tetapi berapa orang sih yang super kaya raya di kita?,berapa orang sih yang hartanya tak akan habis meskipun berfoya-foya tiap saat ?,hanya segelintir bukan ?,kebanyakan yang hanya kaya pas-pasan saja,dan malah tidak sedikit yang kelihatannya doang seperti kaya,padahal hutangnya numpuk dan atau hanya bagus rumahnya doang tetapi tak punya apapun cadangan buat masa depan di hari tua.

Taruh kata memang punya mobil,sepeda motor,kulkas,springbed,peralatan yang serba mewah tetapi masih kredit,tutup lobang gali lobang,wah kalau type begini bukan kaya tetapi kaya susah,kayak ribet bila sudah tiba limit waktu bayar kredit jadi susah sendiri.

Orang kaya enggak pernah susah ribet dan kasak-kusuk sana sini cari pinjaman buat membayar kreditan,orang kaya asli sama sekali tak punya hutang hartanya tanah,sawah dan properti banyak dimana-mana,hidupnya tenang dan kalau mau apa saja tinggal beli atau tinggal petik,itulah yang kaya.

Kalau masih status calon kaya atau malah calon miskin ya terpaksa harus puter otak biar hidup tetap hidup,biar dapur tetap ngebul,biar kebutuhan tetap terpenuhi walau ngos-ngosan,tiap waktu harus selalu memutar otak bagaimana makan hari ini,makan besok makan nanti ?,dan hantu masa depan terus menguntit bagaimana jikalau saya tidak bekerja lagi,bagaimana kalau kita jatuh sakit,bagaimana kalau kita tubuh ini sudah lemah?,semua pertanyaan itu terus harus selalu dijawab dengan usaha dan doa.

Yang sering berusaha kaya asalnya pasti orang kekurangan atau miskin (bukan fakir),miskin yaitu masih selalu kekurangan walau hanya untuk memenuhi kebutuhan pokok.

Dari yang miskin-miskin ini berkat kegigihan dan nasib baiknya banyak yang muncul orang kaya-orang kaya baru (OKB),asalnya sering kelaparan,asalnya tak pernah pegang duit jadi banyak pegang duit,asalnya selalu kekurangan uang jadi selalu berlimpah uang itulah OKB,orang kaya baru.

OKB dalam perkembangannya menjadi beberapa macam jenis,termasuk OKB jenis pertama ,yaitu OKB  yang terus mawas diri dan semakin waspada sebab tak mau jatuh miskin lagi,karena pernah merasakan bagaimana hina dina nya jadi orang miskin dengan segala penderitaannya type ini biasanya akan semakin pelit,kikir dan serba perhitungan dalam hal mengeluarkan uang atau bertransaksi.

ilustrasi/shutterstock
Yang kedua OKB parah,yaitu menjadi takabbur,sombong dan lupa diri,jadi ke GR an dan nervous serta bertingkah yang norak dan cenderung selalu over acting dalam setiap tingkahnya,maklum kan dulunya miskin sekarang berlimpah terbuailah oleh mimpi dan gemerlapnya kesuksesan yang sebentar lagi akan menikamnya kembali menjadi keset sebagai orang miskin yang bangkrut jatuh dan terjerembab dengan kesombongannya.

Biasanya type OKB kedua tadi usia jayanya tidak akan lama,jangankan buat tujuh turunan hartanya buat seperdua hidupnya saja sudah unutng hartanya bisa langgeng,biasanya OKB semacam ini kan jatuh terpuruk lebih dalam ke jurang kemiskinan yang paling hina di kemudian hari.

Yang terakhir OKB Ideal,dimana setelah mendapatkan uang dan harta yang banyak,lalu dipakai membereskan diri dan keluarganya,dipakai untuk kemasalhatan diri dan lingkungannya dan tidak lupa selalu beribadah bermanfaat apapun buat diri dan sesama,sibuk membantu memberi pancing kepada yang belum berhasil dan masih niskin ,serta selalu ingat ke purwa daksinya,yaitu asal mereka berasal,tidak lupa diri,kalangan ini banyak memanfaatkan uangnya untuk membeli hal-hal yang konvensional seperti membeli tanah atau sawah dan barang-barang yang berharga nan awet dan akan selalu bertambah nilai jualnya walapun ditinggal tidur dan ditinggal sakit sekian bulan pun.

Type ideal OKB ketiga inilah yang teristimewa biasanya mereka selain kembali ke jalan konvensional,OKB ideal selalu memikirkan dan mendorong dengan baik dan mendukung penuh "anak-anak dan dirinya untuk semangat belajar terus baik belajar mandiri maupun secara akademis" uangnya digunakan untuk membiayai anak-anaknya meneruskan sekolah sampai setinggi-tingginya.

...selamat pagi....!

0 comments: