Kamis, 22 Maret 2012

"Taubat"

Ill:Shutterstock/Awd.
Taubat arti secara umum dan populer yaitu menyesali sebuah perbuatan yang salah dengan melakukan perbaikan di kemudian.

Artinya memperbaiki diri selalu,hal apapun.Memperbaiki,mengkonstruksi kembali,menyegarkan kembali pribadi,merevolusi kehidupan pribadi atau menigkatkan kualitas diri tidak bisa dengan hanya bermain seperti langkah copy paste bila kita ingin meniru ibarat sebuah file di komputer,dengan dua langkah mengcopy,menyalin lalu menempel,paste sebuah prinsip dan niat perbaikan begitu saja.

Mengatur ulang kehidupan yang rusak atau kurang beres membutuhkan waktu dan proses,jangan terburu-buru dan jangan terlalu bernafsu sehingga gelap mata hati ke hal-hal manusiawi yang lainnya.

Misalnya ketika kita berniat memperbaiki diri hari ini lalu semalaman kita tidak tidur tidak makan dan terus melakukan ritual-ritual bertaubat,tetapi keesokan harinya hal-hal kewajiban tidak tertunaikan,malahan jatuh sakit jadi merembet dengan ketidakberdayaan kita untuk menunaikan kewajiban-kewajiban kemanusiaan,terhadap diri sendiri terhadap keluarga,anak-anak terbengkalai,isteri dan keluarga terbengkalai karena semalam penuh dengan berlebihan telah melakukan ritual-ritual "taubat" kurang benar kita.

Taubat Nasuha,taubat yang berkesinambungan dengan langkah-langkah kongkrit yang bertahap dan berjalan secara normal,dengan mengambil pelajaran dari sebuah kesalahan atau "dosa" yang pernah kita lakukan hari-hari kemarin,atau waktu yang telah lalu.

Dengan cara sedikit-demi sedikit terus menambal segala kejelekan dengan amal baik dan terus menyervis memperbaiki diri dan mempertahankan kebaikan yang sudah dimiliki,bila memungkinkan meningkatkan segala kebaikan diri.

Tetapi khusus bagi yang sedang bertaubat,minimal bisa memperbaiki yang salah di hari kemarin saja itu sudah hebat,dan proses perbaikan jangan di sekaliguskan,tetapi bertahap dan sabar dengan waktu dan perjalanan prosesnya.

Sabar,rajin dan ulet serta semangat terus serta berkeyakinan penuh,bahwa niat taubat kita akan membawa segala bentuk kebaikan bagi diri,dan akan mengundang Ridlo Tuhan YME ke kita.

God Willing,wallahualam bisawab.

0 comments: