Minggu, 22 April 2012

Tulisan enggak pake pakem ..(free) part II

By : Aang Wierodjampang




...karena judulnya gak pake pakem pastilah tulisan ini suasananya bebas merdeka..enggak di kungkung oleh EYD, enggak harus pakai titik atau koma dengan benar atau tanda-tanda yang bikin rbet lainnya..titik,tanda kutip, tanda tanya, tanda seru ,wuihhh reseh banget deh...hehe


..atau jika mulai membuat kalimat harus dengan hurup kapital, alinea harus sama sepasinya dan lain-lain..wah kali ini enggak banget nih mau bebas saja...keluaar dari pakem menulis yang baik dan benar ..


pembaca...kalau anda jeli .,sekitar dua hari yang lalu ada tulisan teman saya,karya Neng Moona,beliau sahabat saya  seorang Ibu Rumah Tangga,Kompasianer,blogger,penulis juga yang bersuami Warga Saudi.. tinggal di Riyadh...., kita lihat tulisan yang berjudul  Ironi kawin kontrak bisa dibaca silahkan klik di sini, di tulisan ini..neng Moona menulisnya dengan enak dan enjoy saja...


...coba kalau kita lihat dan baca artikelnya, mana ada hurup kapital di awal kalimatnya haha.semuanya datar saja dengan hurup kecil,...ya mengalir saja dengan kesan seenak semaunya penulis,dan ini sama dengan karya-karya rekan blogger lainnya di beberapa tulisan semacam karya neng Moona ini, blog atau media lainnya sebagai bentuk kelahiran "genre" baru gaya menulis....kalau saya menyebutnya gaya seeenak udele dewek hehe....


dan....ya sah-sah saja karena ini bukan sebuah karya tulis resmi ilmiah semacam skripsi,disertasi atau yang lainnya,tetapi semacam diary saja...diary yang bentuknya di kemas di media dengan mengalir saja... ah free..free...bebas..dan lebih mengalir.....tanpa terlalu patuh ke pakem selama ini....


.........sekali-kali keluar pakem memang akan mengasyikkan seolah seperti berlayar ke suatu warna baru dan petualangan baru ........,selama kemasannya masih jelas dan berbentuk tentunya..dan melihat dalam forum dan dalam rangka apa...(ini menurut penulis saja..boleh kok kita beda pendapat..bebass..free..)....


****
.....manfaat dari bertanya....tak akan sesat dijalan...?


....by the way..ngemeng-ngemeng dengan tulisan ini saya mau nulis juga dengan hal ini,....yaitu..ketika saya dan seorang saudara saya yang punya laptop atau PC  pertama kali dan awam tentang operasinya.......kami belajar otodidak pencat-pencet saja ..!!!dan berakhir dengan format lagi-format lagi..hadeuh..! ....... lalu saya bagi link blog saya ini  ke beliau...dan beliau bertanya...bagaimana masuknya...deuh..memang bener ya..gimana katanya..??


...lha maaf saja termasuk saya..ketika sudah punya PC (personal computer) pertama kali ya bingung juga ngoperasiinnya..ketika teman memberi alamat sebuah situs ya dari mana membukanya..hehe..tetapi karena gengsi..hihi ketika teman saya nanya ,hey udah dibuka link gue...?,saya jawab ,sudah..sudah...wah asyik banget deh...,jawab saya..padahal bisa buka saja belum...hehehe.


..... sama halnya saudara saya juga yang baru punya laptop....ketika itu saya kasih link di dinding facebooknya...saya chatt beliau dengan begini,...hai bro mampir ya ke lapak saya...nih linknya..http://www.nuranibernada.blogspot.com..tulis saya di kolom mesejnya...!!!..sebenarnya bagi yang sudah tahu ya tinggal klik saja kan..di link yang biasanya kalau alamatnya bener itu link langsung terhubung bertaut ketika cursor menyentuh hurup linknya...dan di klik disana...dan masuk...bertaut..


dan..celakanya teman saya ini tak tahu apa itu cursor..?...terpaksa saya kasih tahu karser ya..tanda panah..tanda panah itu kamu masukkan ke hurup link lalu KLIK ! jawabku di mesejnya,..lhaaa...beliau tidak tahu juga apaan itu KLIK katanya..waduhh,,saya jawab juga wah KLIK itu ya tekan ENTER ketika panah di atas link-nya..atau di tekan mouse kanan....wah...saudara saya itu tak tahu juga ENTER itu apa..dihh ribet deh..dan banyak deh yang lucu tetapi memang terjadi...termasuk terjadi pada diri sendiri..


tentu saja ini cerita dengan saudaraku yang masih awam dengan operasi paling dasar sekalipun tentang operasi komputer, tetapi bisa membeli PC ...haha...ya ngaku aja saya kan bukan sarjana atau keluaran sekolah komputer jaman saya sekolah SLTA dulu komputer masih sesuatu yag mahal bagi diri macam saya...


Tidak seperti zaman sekarang,semua orang jadi melek komputer..walaupun hanya bisa basic dasar saja sekedar buka FB atau situs dan portal berita saja misalnya ,tetapi sungguh saat ini sangat membanggakan..teknologi informasi yang semakin hebat dan majuu...majuu kaya roda mie ayam..teruss maju..


kalau hal semacam diri saya ya sudah ketinggalan sama anak-anak muda sekarang,yang hidup di jaman ilmu pengetahuan yang semakin canggih dan huebat...


Ok.. friend saya cukupkan dulu ini buat disambung..ke part III...ada kerja dulu nih...meskipun tema-nya gado-gado...dan ngelantur..ya judulnya juga kan tulisan enggak pake pakem..ya isinya pun akan ngelantur pula hehe......


terima kasih dan mohon maaf...ditunda dulu....bersambung ..akan dilanjutkan......(belum tamat...)


Tulisan curhat enggak pakai pakem sebelumnya atau part: I bisa sahabat simak silahkan klik di sini

ilustrasi : shutterstock

0 comments: