Selasa, 24 April 2012

Sekilas Tentang Memutuskan Sesuatu

By : Aang Wierodjampang

Hidup ya adalah hidup.penuh probematika penuh ketidakpastian dan berbagai rangkaian masalah,mulai dari masalah terkecil,kecil sampai masalah yang besar dan berat.

Banyak orang sampai stress memikirkan jalan keluar dari beberapa masalah,dan bagi sebagian orang tidak sedikit pula yang menjadi gila atau frustasi dan menjadi setengah gendeng atau edan.

Jika sudah begini,ya rugi lah yang didapat,tidak pandang siapapun jika masalah menerpa pasti akan panik,tidak tenang dan pada umunya bingung.

Bingung untuk melangkah,dan sejuta kebimbangan untuk menyelesaikannya,harus mulai darimana,bagaimana dan kapan.

Apalagi tidak jarang dalam hidup sebenarnya kita kadang bertemu dengan sebuah masalah yang membutuhkan pilihan tepat diantara dua atau lebih alternatif yang tidak boleh tidak harus kita putuskan.

Misalnya ketika kita melamar kerja,lalu kita diterima di dua tempat sekaligus dalam waktu yang bersamaan,atau contoh pelik lainnya yang serupa dan sama dengan contoh di atas.

Sebenarnya ada satu hal saja yang harus kita ingat kembali jika mendapat masalah yang harus kita pilih salah satunya,terutama jika posisi simalakama,yaitu ibarat cerita buah simalakama yang jika dimakan akan mati ibu dan jika tidak makan akan mati bapa,kedua pilihan itu sama berat dan sama resikonya.

Iya itu dalam hikayat simalakama,tetapi di dalam masalah kenyataan sehari-hari tidak akan persis seperti cerita buah simalakama,jika kita jeli dan peka dengan terus berusaha mencari jalan keluar dari sebuah masalah yang membutuhkan sebuah pilihan dari dua atau lebih pilihan berat dalam suatu masalah,di dalam kehidupan sebenarnya akan ketemu suatu nilai lebih dari salahsatu dua pilihan tersebut,pasti akan ada nilai lebih yang lebih penting di salah satunya.

Mari melangkah dulu dengan tahap pertama ini,yaitu mencoba keluar dari lingkaran masalah dulu,bisa menjauh dulu dari situasi masalah,atau menyepi dulu sendirian di suatu tempat atau situasi atau dimana saja yang nyaman untuk memandang dan melihat kembali esensi masalah kita dari luar lingkaran syetan masalah yang sedang dihadapi.

Lalu setelah keluar dari lingkaran masalah,masuklah ke tahap selanjutnya yaitu menganalisa dan meneliti akar permsalahan itu dan jurus pamungkas dari pengambilan keputusan penting jika banyak pilihan adalah :

"Bertanyalah pada siri sendiri dengan pertanyaan berikut : Pentingkah hal ini bila saya lakukan atau bila saya ambil,atau bila saya perbuat...?" dan jika pertanyaan kita terjawab jatuh pada jawaban bahwa:

"oh iya yah yang ini adalah lebih penting untuk diri saya..." nah kata yang ini itulah keputusan terbaik anda.Keputusan mengambil yang dipetimbangkan oleh diri anda sendiri dengan jujur dinilai penting.

Oke selamat pagi.!

2 comments:

menyimak dan meresapi heheh :D

salam neng moona

salam lagi Neng.Terima Kasih..

salam buat Khaled...wah sudah bisa berjalan belum ?hehe,,kalau dah bisa jalan,ketemu Om entar di jalan Hyperpanda haha.

salam juga buat Abu Khaled..!