Kamis, 26 April 2012

Langkah Sehat Menempati Kost-an atau Kontrakan Baru

By : Aang Wierodjampang

Karena sesuatu dan lain hal,mungkin diantara pembaca ada yang saat ini masih harus tinggal di sebuah kamar kost-kostan atau di rumah kontrakan.

Pada umumnya rumah kost dan kontrakan yang akan kita tempati adalah selalu bekas ditempati orang lain sebelum kita teken kontrak untuk menempatinya.

Akan lebih baik jika "teliti sebelum membeli" sebelum memutuskan untuk "deal" menempati sebuah tempat tinggal kita.

Misalnya pertimbangkan apakah daerah sekitar adalah daerah aman,bersih,sehat dan nyaman.Aman artinya tidak di daerah yang banyak berandalan,banyak bangsat ayam..hehe,banyak maling jemuran atau maling sandal dan sepatu,caranya ya bikin survey dulu-lah ke calon tetangga sekitar kostan baru kita.

Keamanan yang lain tanya juga tentang apakah bebas banjir atau tidak jika datang musm penghujan,relatif aman jika terjadi kebakaran dengan melihat bahan-bahan bangunan yang misalnya terbuat dari beton dan tembok yang kuat dan masih bagus,atau lingkungan yang tidak terlalu kumuh berdempetan dengan resiko kebakaran yang tidak terlalu berbahaya.

Bisa kita lihat tetangga-tetangga apakah rumahnya terbuat dari bahan-bahan triplek yang mudah terbakar dan tumpang tindih rapat dengan banyak tumpukan-tunpukan sampah mudah terbakar lainnya.Jika sudah dinilai oke relatif aman dari bahaya kebakaran dan banjir,baru deh kita pertimbangkan untuk lekas "deal teken kontrak" dengan juragan kostnya hehe..

Eits..belum selesai gan,setelah melihat,membaca,mengingat dan menimbang hal-hal seperti di atas tadi,masih haus berlanjut kepada tahap berikut..(wow..belagu ilmiah gan..haha)..! Yaitu setelah deal di teken dan dibayar (jangan ngutang...haha)..ikuti tahap berikut,kalau mau..kalau enggak mau ya bisa diabaikan dwech..enggak wajib kok,dijamin enggak bakal ditangkap hansip kalaupun tidak dilaksanakan..

Sebelum ditempati itu kostan atau kontrakan kita,disaranken untu melaksanakaen sebagai berikut...:

Pakai nomor urut biar lebih jelas gan..

1.Mulailah dengan proyek Sterilisasi..wah hebat ya istilahnya.?,ya kan supaya kelihatan keren wkwk...Sterilisasi  kamsudnya, maksudnya sebuah tindakan kita membersihkan dahulu semua infra dan suprastruktur setempat..cieee...!...ah ribet ya ..kepanjangan.

Semua tempat dibersihkan mulai dari lantai,barang furniture,instalasi listrik dan   dinding serta semua lingkungan rumah kostan itu.Di pel diguyur air memakai obat antibakteri semacam Clorok dan lainnya,supaya kuman-kuman penyakit mati.

Karena siapa tahu orang yang bekas menempati tempat kita dahulu punya penyakit berbahaya yang menular.Jikalau kita lalai membersihkannya bisa menular penyakitnya ke diri kita,dan berbahaya.

2.Atur lagi tata letak interiornya menurut selera dan kepentingan kita.

3.Daftarkan dan lapor diri ke RT/RW setempat,berkunjung ke tetangga dan bila perlu cari tahu juga siapa preman setempat yang mengusasai daerah itu...hehe. (eh serius lho gan..).

Ketika mulai masuk bacalah dengan nama Tuhan kita masing-masing lalu berdoa memohon perlindungan dan  keselamatan serta keberkahan dari-Nya.

4,Ya sudah, selamat menikmati tempat tinggal baru,semoga betah ya.

Selamat menjalani menjadi NAK ,Nasib Anak Kost atau jadi "kontraktor",tetapi jangan terlalu betah deh jadi anak kost atau jadi kontraktor,cepatlah membuat atau membeli rumah sendiri,caranya..? ya menabung terus dan bekerja dengan rajin,giat,ulet dan hemat...pasti bisa....hehe.

0 comments: